Bola Internasional

Solasak Thilavong, Si Kiper Banyak Drama Laos hingga Tuduhan Match Fixing di Piala AFF 2020

Kamis, 16 Desember 2021 08:15 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kiper Laos bernama Solasak Thilavong kembali menjadi sorotan setelah diduga melakukan praktik pengaturan skor (match fixing) di Piala AFF 2020.

Dilansir dari akun Twitter, @RabonaMike, Laos diklaim telah mengatur pertandingan sendiri termasuk saat duel melawan timnas Indonesia pada Minggu (12/12/21) lalu dan Malaysia tiga hari sebelumnya.

Aphixay Thanakhanty dan Kaharn Phetsivilay menjadi dua pemain Laos yang paling dicurigai oleh @RabonaMike sebagai pion yang menjalankan pengaturan skor di lapangan.

Melawan Malaysia, keduanya baru masuk di babak kedua dan tampak dengan mudah membiarkan umpan-umpan terobosan lawan.

Untuk laga melawan timnas Indonesia, giliran kiper Solasak Thilavong yang mencuri perhatian @RabonaMike. Layaknya Aphixay dan Kaharn, ia juga baru turun di babak kedua dan langsung membuat perubahan signifikan.

Saat Solasak Thilavong masuk, timnas Indonesia yang sebelumnya hanya unggul 2-1 langsung sukses mencetak tiga gol tambahan dalam waktu 20 menit.

Kecurigaan @RabonaMike cukup beralasan karena di bursa taruhan timnas Indonesia diberi handicap 3,75 atas Laos. Artinya, harus ada kemenangan untuk kubu Garuda berselisih minimal empat gol.