Bola Internasional

Brasil - Argentina Gabung UEFA Nations League, FIFA: Jangan Ngimpi!

Senin, 20 Desember 2021 17:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
FIFA menentang UEFA yang ingin mengundang negara-negara CONMEBOl berpartisipasi di ajang UEFA Nations League. Copyright: © Getty Images
FIFA menentang UEFA yang ingin mengundang negara-negara CONMEBOl berpartisipasi di ajang UEFA Nations League.

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) tidak setuju dan akan menolak proposal UEFA yang ingin mengundang negara-negara CONMEBOl berpartisipasi di ajang UEFA Nations League.

Belakangan, para eksekutif dari UEFA maupun CONMEBOL ditengarai tengah berunding membahas kemungkinan diundangnya tim-tim dari Amerika Latin berpartisipasi di ajang Nations League.

Dilansir dari Daily Mail, FIFA menentang rencana tersebut karena tak ingin persaingan di kalender sepak bola internasional semakin fokus pada dua federasi yang mewakili Eropa dan Amerika Selatan tersebut.

FIFA akan menyuarakan penolakan atas rencana tersebut saat hadir di antara 211 federasi sepak bola nasional dalam pertemuan puncak virtual yang diselenggarakan dalam waktu dekat.

Dipahami. FIFA selama ini terkesan lebih menganakemaskan UEFA dan COMEBOL. Jika menyetujui rencana itu, FIFA khawatir keuntungan sepak bola bakal dimonopoli oleh kedua federasi ini.

Selain itu, FIFA juga menghadapi protes dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan CONCACAF. Mereka berharap FIFA mau membatalkan kesepakatan soal format baru UEFA Nations League plus tim-tim Amerika Latin.

Gosip tentang masuknya tim-tim dari Amerika Latin ke Nations League yang sudah bergulir sejak 2018 lalu ini mulai kencang beredar per Sabtu (18/12/21).