Bola Internasional

Hasil Semifinal Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Singapura: Penuh Drama, Garuda Terbang ke Final

Sabtu, 25 Desember 2021 22:08 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Timnas Indonesia berhasil melaju ke final usai menang dramatis 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/21). Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia berhasil melaju ke final usai menang dramatis 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/21).

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia berhasil melaju ke final usai memetik kemenangan dramatis 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/21).

Laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 ini berjalan sengit dan penuh emosi. Baik timnas Indonesia maupun Singapura sama-sama berambisi mengamankan satu tempat di partai puncak.

Timnas Indonesia sebenarnya nyaris unggul 1-0 di babak pertama. Namun Garuda harus kecolongan gol oleh Singapura lewat kaki Song Ui-young di menit ke-45+4.

Keunggulan ada pada timnas Indonesia setelah Singapura bermain sepuluh pemain usai Safuwan Baharudin mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-45+2 karena memberikan sikutan pada Rizky Ridho di depan pengadil lapangan.

Unggul jumlah pemain, timnas Indonesia mencoba bermain lebih agresif di babak kedua pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura ini.

Ezra Walian ditarik keluar dan digantikan oleh Hanis Saghara Putra pada menit ke-54. Shin Tae-yong berharap striker Persikabo 1973 itu mampu memberikan kejutan pada lini belakang Singapura lewat kecepatan yang ia miliki.

Timnas Indonesia hampir saja kembali unggul atas Singapura di menit ke-58. Sayang sepakan keras Rizky Ridho masih membentur mistar The Lions.

Serangan timnas Indonesia menjadi semakin berbahaya setelah Shin Tae-yong memasukkan Egy Maulana Vikri serta Irfan Jaya di menit ke-66 menggantikan Ricky Kambuaya dan Ramai Rumakiek.

Singapura harus bermain dengan sembilan pemain setelah Irfan Fandi mendapatkan kartu merah langsung usai melanggar Irfan Jaya.

Bermain dengan sembilan pemain membuat Singapura memilih untuk bertahan, memperlambat tempo, dan bertumpu pada skema serangan balik.

Namun alih-alih berbalik unggul, timnas Indonesia harus kembali kecolongan di babak kedua leg kedua semifinal Piala AFF 2020 pada menit ke-74 usai Shahdan Sulaiman mencetak gol lewat tendangan bebas apik yang gagal dijangkau Nadeo Argawinata.