Bola Internasional

5 Pemain Top Dunia yang Lahir dari Sepak Bola Jalanan

Senin, 27 Desember 2021 12:00 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSG
5 Pemain Top Dunia yang Lahir dari Sepak Bola Jalanan. Copyright: © PSG
5 Pemain Top Dunia yang Lahir dari Sepak Bola Jalanan.

INDOSPORT.COM - Umumnya, beberapa pemain sepak bola profesional lahir dari sebuah akademi klub, namun ada pula yang mengawalinya dari bermain di jalanan.

Faktor keluarga, ekonomi dan lingkungan memang mempengaruhi karier sejumlah pemain sepak bola untuk bisa berkembang ke tingkat lebih tinggi.

Seperti legenda sepak bola asal Brasil, Ronaldo Nazario da Lima yang memulai karier dari jalanan kotor dekat Kota Rio de Janeiro.

Akan tetapi, Ronaldo saat ini sudah memutuskan gantung sepatu. Kali ini redaksi berita olahraga INDOSPORT akan merangkum lima pemain sepak bola top dunia masih aktif yang lahir dari jalanan:

1. Victor Moses

Pemain berusia 31 tahun ini sudah menjadi yatim piatu sejak umur 11 tahun. Ia lahir di Nigeria namun menjalani kehidupan di London Selatan setelah kedua orang tuanya tewas akibat tragedi penembakan.

Kemampuan Moses mengolah si kulit bundar tercium oleh pemandu bakat saat bermain di kompetisi lokal bertajuk Tandrdge League.

Ia kemudian diboyong Cristal Palace dan sempat memperkuat klub raksasa Liga Inggris, Chelsea. Kini ia tercatat bermain di klub besar Rusia, Spartak Moscow.

2. Neymar

Pemain berdarah Brasil yang saat ini memperkuat Paris Saint-Germain ini lahir dari jalanan dengan tanah lapang yang berdebu.

Setelah Neymar masuk dalam sebuah tim lokal, penampilannya berhasil menarik banyak pemandu bakat hingga menjadikannya pemain bintang di Eropa.