Bola Internasional

Bahas Kaka, Fabiano Beltrame: 97 Persen Pemain Brasil dari Keluarga Miskin

Senin, 27 Desember 2021 16:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dibanding Fabiano saat membela Persib. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dibanding Fabiano saat membela Persib.

INDOSPORT.COM - Menurut pesepak bola naturalisasi, Fabiano Rosa Beltrame, 97 persen orang yang bisa menjadi pemain bola di Brasil berasal dari kalangan tidak mampu.

Pasalnya, persaingan sepak bola di Brasil sangat sulit. Semua orang ingin menjadi pemain bola, tapi tidak semua bisa bermain di klub dan berkompetisi secara profesional.

Maka, hanya orang-orang yang memiliki tekad kuat dan pantang menyerah yang bisa menembus klub profesional, dan bisa berkompetisi di sepak bola Negeri Samba.

Namun, ada pengecualian bagi Ricardo Kaka. Ia datang dari keluarga berada, tapi bisa menembus ketatnya persaingan sepak bola Brasil, dan kini menjadi sosok legenda.

Maka, tak salah jika Fabiano Beltrame mau meneladani sosok Ricardo Kaka, gelandang bertahan yang sukses membawa Timnas Brasil menjuarai Piala Dunia 2002 silam.

"Dulu saya suka Kaka, karena dia contoh baik di dalam dan luar lapangan," ungkap Fabiano Beltrame saat menjadi bintang tamu di kanal Youtube Tiento Indonesia.

"Meski dia dari Brasil, saya selalu suka orang yang kerja keras dan selalu disiplin. Padahal dia itu datang dari keluarga yang punya semuanya," jelas Fabiano Beltrame.

Walaupun Kaka berasal dari golongan yang berada, tapi perjalanannya meniti karir di kancah sepak bola juga tidak mudah. Kerja kerasnya layak diganjar dengan prestasi.

"Di Brasil, 97 persen pemain yang bisa jadi pemain bola, dari keluarga miskin, tapi dia (Kaka) berbeda, dia kaya, tapi sampai jadi player profesional, perjalanannya sulit juga," cetusnya.