In-depth

Flashback Yu Hyun-koo: Main Bola demi Roti Gratis, Tapi Dipanggil Timnas Korea Selatan

Jumat, 31 Desember 2021 21:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain naturalisasi Indonesia asal Korea Selatan, Yuu Hyun-koo. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain naturalisasi Indonesia asal Korea Selatan, Yuu Hyun-koo.

INDOSPORT.COM - Ada cerita unik dari Yu Hyun-koo, pemain naturalisasi asal Korea Selatan yang mengaku awalnya bermain bola hanya untuk mendapat roti gratis.

Yu Hyun-koo boleh dikatakan sebagai pembuka jalan bagi pemain asing Korea Selatan lainnya yang bermain di Indonesia.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu pertama kali datang ke Semen Padang di tahun 2011. Sejak itu, ia betah di Indonesia dan bermain selama lima tahun.

Saat ada pembekuan PSSI oleh FIFA dan tak ada kompetisi resmi, lalu ia dipinjamkan ke Sriwijaya FC. Setelahnya, ia membela klub Laskar Wong Kito lagi selama lima tahun.

Sejak saat itu, Yu Hyun-koo memutuskan mantap untuk naturalisasi menjadi WNI, meski sebelumnya pemain asal Daegu itu  pernah membela Timnas Korea usia muda.

Kepada Tiento Indonesia, Yu Hyun-koo menceritakan kisah masa lalunya merintis karier di dunia sepak bola, awalnya demi roti gratis, hingga ia dipanggil ke Timnas Korea.

"Waktu saya kecil sekitar umur sepuluh tahun, ada kakak saya, pemain bola juga. Kalau dia pulang, bawa roti, bawa makanan yang dikasih gratis," kenang Yu Hyun-koo.

"Saya tanya kakak, ini gimana ambilnya. Katanya kalau jadi pemain bola dan ikut di sekolah, nanti dikasih makan, dikasih roti."

"Wah saya mau juga, makanya pertama saya ikut Kakak saya, karena waktu kecil yang kita cari cuma makan saja, roti gratis," ucap Yu Hyun-koo sembari tertawa lepas.