Bola Internasional

Piala AFF: Tertinggal 0-4, Timnas Indonesia Disebut Masih Punya Peluang Juara

Sabtu, 1 Januari 2022 17:12 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Piala AFF: Tertinggal 0-4, Timnas Indonesia Masih Punya Peluang Juara Copyright: © PSSI
Piala AFF: Tertinggal 0-4, Timnas Indonesia Masih Punya Peluang Juara

INDOSPORT.COM – Meski tertinggal hingga empat gol atas Thailand pada leg pertama, Timnas Indonesia diprediksi masih bisa menang pada leg kedua dan meraih gelar juara Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia memang berada di posisi sangat sulit pada leg kedua final Piala AFF 2020 yang berlangsung Sabtu (01/01/22) malam WIB nanti.

Pasalnya, Timnas Indonesia wajib meraih kemenangan dengan margin lima gol tanpa balas saat menghadapi Thailand.

Berkaca dari rekor pertemuan Timnas Indonesia atas Thailand dalam beberapa tahun terakhir, peluang Asnawi cs untuk bisa membalikkan keadaan dan jadi juara pada leg kedua terbilang sangat kecil.

Pasalnya, terakhir kali Timnas Indonesia mampu menang telak hingga empat gol lebih tanpa kebobolan sudah terjadi sangat lama yakni pada tahun 1975 silam di ajang Jakarta Tournament (5-0).

Mengusung mission impossible, Timnas Indonesia ternyata tetap mendapat banyak dukungan termasuk dari pelatih-pelatih asing yang mentas di Thailand.

Salah satunya adalah Wanderley Machado da Silva Junior, pelatih asal Brasil yang saat ini sedang menukangi Lamphun Warrior FC di Thai League 2 atau kasta kedua Liga Thailand.

Menurut Wanderley, peluang Timnas Indonesia untuk membalikkan keadaan dan menjadi juara Piala AFF 2020 masih terbuka, meski terbilang sangat kecil.

Akan tetapi, Wanderley menasehati agar Timnas Indonesia bisa bermain disiplin lantaran di leg pertama skuat Garuda bermain sangat sembrono.

“Pasti ada peluang (juara), karena peraturan kompetisi AFF kali ini tidak ada selisih gol tandang,” ucap Wanderley Machado da Silva Junior kepada INDOSPORT.

“Tetapi, Timnas Indonesia harus bermain fight dengan disiplin tinggi, karena pertandingan pertama kemarin tingkat disiplin mereka tidak ada sama sekali,” tambahnya.