Liga Inggris

Liga Inggris: Jadi Klub Kaya Baru, Southampton Resmi Dijual ke Sultan Serbia

Rabu, 5 Januari 2022 08:20 WIB
Editor: Juni Adi
© Naomi Baker/Getty Images
Miliarder asal Serbia jadi orang ketiga yang berani membeli klub Liga Inggris, Southampton, setelah miliarder Rep Ceko dan konsorsium Arab. Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Miliarder asal Serbia jadi orang ketiga yang berani membeli klub Liga Inggris, Southampton, setelah miliarder Rep Ceko dan konsorsium Arab.

INDOSPORT.COM - Miliarder asal Serbia jadi orang ketiga yang berani membeli klub Liga Inggris dalam beberapa waktu terakhir, setelah miliarder Rep Ceko dan konsorsium Arab Saudi.

Perusahaan investasi Sport Republic yang didukung oleh miliarder asal Serbia, Dragan Solak, telah menyelesaikan akuisisi 80 persen saham Southampton. Pernyataan datang dari klub Liga Inggris itu seperti dikutip Reuters, Rabu (05/01/22).

Solak yang memiliki perusahaan telekomunikasi United Group mengakuisisi Southampton dalam kesepakatan senilai 100 juta pound (Rp1,9 triliun) dari pengusaha Cina, Gao Jisheng yang membeli klub ini pada Agustus 2017.

"Selama dua tahun terakhir, bersama dengan para pemegang saham klub kami ini, kami sudah mencari-cari mitra yang tepat untuk memajukan klub ini. Hari ini kami telah menemukan solusi sempurna untuk klub kami," kata CEO Southampton, Martin Semmens.

"Sport Republic adalah investor berpengalaman, tetapi juga berpengalaman dalam dunia olahraga profesional elite."

"Perpaduan itu sangat sulit ditemukan, dan kami senang telah mencapai kesepakatan yang mengamankan masa depan jangka pendek dan jangka panjang kami."

Katharina Liebherr yang mewarisi The Saints dari mendiang ayahnya Markus pada 2010 ketika klub masih di divisi tiga League One, akan terus mempertahankan 20 persen sahamnya.