Liga Indonesia

Tak Cuma Shin Tae-yong, Haruna Soemitro Juga Cibir Sandy Walsh dan Klub Belgia

Senin, 17 Januari 2022 16:10 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Haruna Soemitro membuat kontroversi di kalangan pecinta sepak bola nasional dengan mencibir Sandy Walsh dan klubnya, KV Mechelen. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Haruna Soemitro membuat kontroversi di kalangan pecinta sepak bola nasional dengan mencibir Sandy Walsh dan klubnya, KV Mechelen.

INDOSPORT.COM - Dalam kesempatannya untuk bicara pada podcast yang dibuat oleh JPNN, anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, banyak melontarkan kritikan pedas untuk timnas Indonesia. Selain mencibir Shin Tae-yong selaku pelatih kepala tim Garuda, mantan manajer Madura United itu juga menyindir Sandy Walsh beserta klubnya.

Haruna menyentil Sandy Walsh kala membahas penting atau tidaknya Timnas Indonesia menggunakan pemain keturunan. Pasalnya, Haruna Soemitro merasa jika kesuksesan bukan jaminan walau melakukan naturalisasi.

Haruna bahkan menduga jika Timnas Indonesia hanya dimanfaatkan oleh pemain keturunan dan agennya untuk kepentingan pribadi. Menambah bargaining chip dalam negosiasi kontrak misalnya.

Selain itu KV Mechelen, klub yang menaungi Walsh, juga disebut Haruna sebagai klub tidak jelas. Entah mungkin karena ia tidak paham, yang jelas pernyataannya ini memicu gejolak di tengah-tengah peminat sepak bola Indonesia.

"Saya mencurigai ada peran dari agen untuk mendorong (pemain keturunan ke timnas Indonesia). Nilai jual dari pemain yang dinaturalisasi pasti naik karena labelnya adalah (pemain) timnas," kata Haruna pada JPNN.

"Maaf-maaf saja, contohnya Sandy Walsh. Meskipun dia bermain di Eropa (bersama) klub antah berantah namun begitu bermain untuk timnas, maka Value dia di sana akan melejit luar biasa,"

"Timnas kita apakah akan lebih baik (dengan pemain keturunan dan naturalisasi)? Saya pikir tidak," sambung pria yang juga pernah jadi pengurus Persebaya Surabaya itu lagi.