Bola Internasional

Piala Asia Wanita 2022: Tiba di India, Fisik Timnas Putri Indonesia Terkuras Lelah

Rabu, 19 Januari 2022 03:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Pelepasan Srikandi Sepakbola Wanita pentas Women's Asian Cup 2022, India. Copyright: © PSSI
Pelepasan Srikandi Sepakbola Wanita pentas Women's Asian Cup 2022, India.

INDOSPORT.COM - Skuat Timnas Indonesia putri telah tiba dengan selamat di India untuk mengikuti Piala Asia Wanita 2022 yang berlangsung pada 20 Januari hingga 6 Februari mendatang.

Timnas Indonesia putri harus melalui perjalanan panjang dari Indonesia ke India.

Selama 9 jam perjalanan dari bandara Soekarno Hatta menuju Doha, Qatar, dan sempat transit selama kurang lebih 3 jam, skuad Garuda Pertiwi melanjutkan perjalanan ke Mumbai dengan total durasi dari Indonesia selama 17 jam.

Usai mendarat, para pemain, pelatih dan staff official melakukan tes swab PCR terlebih dahulu di bandara dan menuju hotel tim di hotel Royal Orchid Grazia, Navi Mumbai.

“Perjalanan yang melelahkan bagi semua pemain, pelatih dan staf, tapi alhamdulillah kami sampai dengan selamat hingga di hotel tim," ucap pelatih Timnas Putri Indonesia,  Rudy Eka Priyambada.

"Belum ada kegiatan apa-apa terlebih dahulu, jadi semua harus istirahat dan menjaga kondisi, sambil menunggu hasil PCR keluar” tambah Rudy Eka Priyambada

Sesuai dengan regulasi protokol kesehatan pemerintah India, pelatih, para pemain dan semua staf ofisial pun tidak diperkenankan untuk meninggalkan ruangan kamar hingga hasil PCR dinyatakan aman.

Untuk itu kegiatan bagi timnas wanita di hari pertama usai mendarat pun hanya menunggu hasil PCR dan beristirahat.

Hal senada dikatakan penggawa Timnas Indonesia putri, Viny Silfianus. Dimana ia merasakan cukup lelah usai perjalanan panjang Indonesia, India.

“Hari ini teman-teman dan semuanya cukup lelah karena perjalanan jauh dari Jakarta. Karena tidak ada latihan, jadi kami hanya beristirahat dan menjaga pola makan sambil menunggu instruksi pelatih, semoga semua aman sehingga kami bisa segera berlatih bersama-sama di lapangan” ujar Viny Silfianus.

Selama mengikuti kompetisi Piala Asia Wanita 2022 di India, semua tim memang berada pada sistem kompetisi bio bubble, dimana tim hanya diperkenankan untuk berada di hotel, lapangan latihan dan stadion pertandingan.

Semua pemain dan ofisial tidak diperkenankan untuk meninggalkan area-area bio bubble tersebut karena mengikuti peraturan pemerintah India terkait penangan kasus Covid-19 serta regulasi dari AFC.

Jika semua pemain dan ofisial dinyatakan negatif Covid-19, maka tim diperkenankan menggelar latihan pada besok pagi.