In-depth

Profil Timnas Gambia, Sengatan Si Kalajengking di Piala Afrika 2021

Jumat, 21 Januari 2022 10:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Para pemain Timnas Gambia berpose jelang laga melawan Mali di lanjutan grup F Piala Afrika 2021 (16/01/22). (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany) Copyright: © REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Para pemain Timnas Gambia berpose jelang laga melawan Mali di lanjutan grup F Piala Afrika 2021 (16/01/22). (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

INDOSPORT.COM – Gambia mencetak sejarah dalam debutnya di Piala Afrika 2021 dengan lolos ke babak 16 besar. Lantas, seperti apa rekam jejak tim berjuluk Si Kalajengking itu?

Gambia menorehkan tinta emas di kesertaan perdananya di Piala Afrika 2021 setelah melangkah ke babak 16 besar usai menjadi Runner Up grup F di belakang Mali.

Kepastian Gambia lolos ke babak 16 besar sejatinya sudah dipastikan sejak laga kedua grup F, di mana Si Kalajengking berhasil menahan imbang Mali 1-1.

Saat itu, Gambia bisa lolos dengan predikat Runner Up atau peringkat ketiga terbaik karena kiprahnya yang mampu meraih empat poin dalam dua laga.

Hanya saja, lolosnya Gambia ke babak 16 besar tak akan sempurna jika tumbang di laga terakhir, melawan Tunisia yang juga berjuang untuk lolos sebagai Runner Up grup.

Dewi Fortuna pun seakan berpihak ke Gambia. Di laga terakhir grup F melawan Tunisia, Si Kalajengking mampu meraih kemenangan dan sah lolos sebagai Runner Up lewat gol-gol menit akhir Albie Jallow.

Kemenangan ini memperpanjang kiprah manis Gambia yang baru pertama kali unjuk gigi di Piala Afrika. Siapa yang menyangka di kesertaan perdananya, Si Kalajengking lolos dengan status Runner Up grup.

Pencapaian Gambia ini sama dengan apa yang dicapai Komoro, tim debutan lainnya yang juga lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2021. Hanya saja, pencapaian Si Kalajengking lebih manis karena lolos sebagai Runner Up.

Lantas, bagaimana kiprah Timnas Gambia selama ini? Bagaimana bisa tim debutan di Piala Afrika 2021 berbicara banyak menahan tim-tim besar hingga melaju ke babak 16 besar?