In-depth

Timnas Putra dan Putri Australia, 'Si Raja Tega' di Ajang Internasional

Sabtu, 22 Januari 2022 13:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Timnas Australia baik pria dan wanita memang pantas dijuluki ‘Si Raja Tega’ mengingat banyaknya kemenangan besar yang didapatkan di ajang resmi internasional.

Belum lama ini, Timnas Australia dari kategori wanita atau putri, menjadi perbincangan setelah menghajar Timnas Putri Indonesia dengan skor 18-0 di ajang Piala Asia Wanita 2022, Jumat (21/01/22).

Dalam laga yang berlangsung di Mumbai Football Arena itu, skuat Garuda Pertiwi harus menerima gawangnya dibobol sebanyak 18 kali oleh tim berjuluk The Matildas itu.

Penyerang Timnas Australia wanita, Samantha Kerr atau Sam Kerr, menjadi bintang dengan menorehkan lima gol ke gawang Timnas Putri Indonesia.

Torehan Sam Kerr ke gawang Timnas Putri Indonesia ini mampu diikuti oleh kompatriotnya, yakni Emily van Egmond yang mencetak empat gol untuk Timnas Wanita Australia.

Bagi Sam Kerr, lima golnya ke gawang Indonesia menjadikannya top skor Australia sepanjang masa di kategori putra dan putri dengan sumbangsih 54 gol.

Sedangkan bagi Indonesia, kekalahan dengan skor dua digit ini menjadi kekalahan terburuk skuat Garuda Pertiwi sepanjang kesertaannya di ajang-ajang internasional.

Meski begitu, kekalahan 0-18 dari Australia ini bukanlah skor terbesar di Piala Asia Wanita. Rekor kekalahan terbesar masih dipegang oleh Filipina pada 1995 dan Guam pada 1997 yang tumbang dengan skor 0-21 dari China dan Jepang.

Kekalahan telak Timnas Putri Indonesia ini membuat Timnas Australia menancapkan diri sebagai ‘Sir Raja Tega’ di ajang-ajang resmi internasional. Bagaimana kisahnya?