Bola Internasional

3 Negara yang Bisa Jegal Kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

Kamis, 27 Januari 2022 14:53 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kiprah Timnas Indonesia U-23 diyakini tidak akan bisa mudah dalam gelaran Piala AFF U-23 2022, karena akan ada tiga negara yang siap menjegalnya.

Turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara untuk kelompok umur, Piala AFF U-23 akan kembali bergulir di Kamboja pada 14-26 Februari 2022 mendatang.

Timnas Indonesia U-23 datang ke Kamboja dengan kepercayaan diri tinggi dengan mengusung target mempertahankan gelar. Di edisi sebelumnya Piala AFF U-23 2019, Skuad Garuda keluar sebagai juara.

Bermain di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1 atas Thailand. 

Di edisi kali ini, langkah Timnas Indonesia diyakini tidak akan mudah untuk bisa kembali merebut gelar. Pasalnya, mereka sudah harus dihadapkan dengan sejumlah lawan tangguh dimulai dari babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022 bersama Malaysia, Myanmar dan Laos. Meski hanya Harimau Malaya yang akan menjadi lawan berat, bukan berarti mereka bisa meremehkan dua negara lainnya.

Apalagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan tidak bisa membawa kekuatan terbaiknya seperti di Piala AFF 2020 kemarin di Singapura, menyusul sejumlah pemain yang merumput di luar negeri tak bisa ikut.

"Saya akan membawa skuad yang sekarang tetapi pemain yang bermain di luar negeri tidak bisa ikut. Seperti Egy (Maulana Vikri), Elkan (Baggot), dan Asnawi (Mangkualam) mungkin tidak bisa ikut AFF U-23," kata Shin Tae-yong.

"Sementara sisanya akan dibawa untuk membentuk tim yang kuat," sambungnya dalam jumpa pers virtual jelang pergantian tahun.

Selain Malaysia di babak penyisihan grup, Timnas Indonesia mempunya dua tim kuat lainnya lagi yang bisa menjegal ambisi mereka mempertahankan gelar Piala AFF U-23 2022. Berikut ulasannya: