Bola Internasional

Timnas Vietnam Dicukur Australia, Park Hang-seo Dituntut Mundur

Jumat, 28 Januari 2022 02:09 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Vietnam Dicukur Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Park Hang-seo Dituntut Mundur. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Vietnam Dicukur Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Park Hang-seo Dituntut Mundur.

INDOSPORT.COM - Timnas Vietnam besutan Park Hang-seo baru saja melakoni pertandingan ketujuh babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Australia.

Bermain di Stadion Rectangular, Melbourne, timnas Vietnam dihajar Australia dengan skor telak 4-0. Empat gol tuan rumah dicetak oleh Jamie Maclaren, Tom Rogic, Craig Goodwin, dan Riley McGree.

Hasil negatif ini semakin memperparah posisi timnas Vietnam di klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pasukan Park Hang-seo kini masih menjadi penghuni juru kunci setelah menderita tujuh kekalahan beruntun.

Karena hanya menjadi bulan-bulanan Australia, Jepang, Arab Saudi, Oman dan China, Park Hang-seo mendapatkan tuntutan mundur dari kursi pelatih.

Hal itu disampaikan oleh mantan direktur teknik klub Liga Vietnam, Binh Dinh FC, Jernej Kamensek. Pakar sepak bola asal Slovenia itu meminta agar Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) segera mengganti Park Hang-seo.

Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu sudah empat tahun menjadi pelatih The Golden Star. Kini tim nasional perlu perubahan dengan kedatangan juru taktik anyar, apalagi di Piala AFF 2020 lalu mereka juga gugur di semifinal.

“Ini benar-benar kacau. Menendang seluruh permainan tanpa bola. Ini akibat pelatih Park Hang-seo tidak mengalami perubahan besar, dari pemain hingga cara bermain. Empat tahun Bekerja di Vietnam. Level tim hanyalah satu wajah," ujar Jernej Kamensek dilansir dari Soha.vn.

"Saya pikir sudah waktunya bagi Dewan Direksi VFF untuk duduk bersama, menilai situasi dan menemukan solusi. Tim Vietnam telah mencapai puncak di bawah pemerintahan Tuan Park, dan sekarang sedang menurun. di sisi lain dari lereng. Semua telah mencapai puncaknya. Jika saya memutuskan, saya akan berubah."

"Timnas Vietnam membutuhkan penyegaran, dengan ide-ide baru. Lantas siapa yang cocok untuk dipilih VFF sebagai penerus Mr. Park? Pasti seseorang yang memiliki pengetahuan tentang sepak bola Asia Tenggara, tentang perkembangan Vietnam selama 20 tahun terakhir," tuturnya menambahkan.