In-depth

Jadi Pelatih hingga Banting Profesi, Kabar Terkini 5 Mantan Marquee Player Liga 1

Sabtu, 29 Januari 2022 17:53 WIB
Editor: Juni Adi
© Simamaung.com
Michael Essien dan Billy Keraf Copyright: © Simamaung.com
Michael Essien dan Billy Keraf

INDOSPORT.COM -  Berikut kabar terkini lima mantan pemain yang pernah menyandang status marquee player di Liga 1 Indonesia.

Tahun 2017 menjadi tonggak sejarah baru bagi sepak bola Indonesia, karena di tahun tersebut roda kompetisi kembali bergulir setelah rehat karena sanksi FIFA.

Untuk meningkatkan kembali gairah sepak bola nasional, pengelola kompetisi Liga 1 2017 memberikan kebebasan untuk klub-klub peserta membeli pemain asing ternama berstatus marquee player.

Pengertian marquee player sendiri adalah seorang pemain sepak bola yang pernah membela tim nasionalnya di ajang Piala Dunia dalam tiga putaran terakhir.

Adapun yang kedua adalah pemain yang masuk kategori Marquee Player pernah bermain di liga-liga top Eropa dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Beberapa nama tenar berhasil didatangkan tim-tim Liga 1 saat itu, mulai dari Charlton Cole (eks Chelsea), Michael Essien (eks Chelsea) hingga Peter Odemwingie (eks West Bromwich) yang pernah tampil di Piala Dunia 2006 dan 2010.

Berbekal nama besar dan prestasi yang pernah mereka rasakan, para pemain tersebut mendapat ekspektasi tinggi untuk membawa timnya meraih gelar juara Liga 1 atau minimal bersaing di papan atas.

Namun sayang, iklim berbeda dan tingginya gaji mereka membuat banyak pemain berlabel marquee player tersebut gagal beradaptasi dan bersaing di Liga 1, bahkan sampai dilepas pada akhir musim. 

Lantas bagaimana nasib para pemain yang pernah menyandang status marquee player Liga 1 saat ini? berikut ulasannya: