Bola Internasional

Timnasnya Bapuk, Warga El Savador Cari Pemain Keturunan Pakai Cara Unik

Sabtu, 29 Januari 2022 12:21 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jengkel dengan prestasi sepak bola tim nasional negaranya yang jalan di tempat, pria asal El Salvador bernama Hugo Alvarado memutuskan untuk tidak lagi berpangku tangan.

Dengan fasilitas seadanya ia pun bertekad untuk mengumpulkan pemain-pemain yang sekiranya bisa meningkatkan kualitas La Selecta.

El Salvador adalah negara yang berada di bawah naungan konfederasi CONCACAF (Amerika Utara) dan sub-konfederasi UNCAF (Amerika Tengah). Mereka sempat dua kali ikut di Piala Dunia edisi 1970 dan 1982 namun tak pernah lagi terlibat setelah itu.

Di Piala Emas yang jadi ajang tertinggi di regional mereka pun El Salvador tidak punya banyak kisah manis setelah menjadi runner-up dua kali sebelum 1981. Tidak heran jika kemudian Alvarado jengah. 

Bila pemain dari liga lokal dianggap tidak lagi bisa mengangkat standar sebuah timnas, maka alternatif lain yang dapat menawarkan solusi yang relatif lebih cepat adalah naturalisasi dan pemanggilan pemain keturunan. Alvarado memilih jalan kedua.

Dilansir dari Bleacher Report Football, Alvarado dalam satu dekade terakhir mengumpulkan data seorang diri mengenai pemain-pemain berdarah El Salvador di luar negeri. Sumbernya ia dapat dari berselancar di dunia maya.

Alvarado menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menggali di Google maupun Facebook untuk mencari pemain yang mungkin terlewat dari pengamatan federasi negaranya. Ia bukanlah ahli tekhnologi sehingga tidak ada yang spesial dari cara pencarianya.

Di search bar ia akan menulis kata kunci 'pemain bola dengan ibu orang El Salvador' misalnya. Sejumlah nama pun kemudian muncul di layarnya dan jika terlihat menjanjikan maka Alvarado akan coba melakukan kontak personal untuk dikonfirmasi soal garis keturunannya.