Liga Italia

Dihargai Rp1,1 Triliun, Kemana Saja Aliran Dana Transfer Vlahovic yang Dibayar Juventus?

Senin, 31 Januari 2022 15:52 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Juventus harus merogoh kantong mereka dalam-dalam untuk bisa mendapatkan jasa penyerang asal Serbia, Dusan Vlahovic. Bukan hanya untuk membayar biaya transfer dari Fiorentina, tapi juga komisi agen sang bomber anyar yang jumlahnya sama sekali tidak kecil.

Secara sederhana, transfer Vlahovic ke Juventus diumumkan menghabiskan dana 70 juta Euro atau sekitar 1,1 triliun Rupiah. Hingga tulisan ini dibuat transfer pemain 22 tahun itu jadi transfer musim dingin 2021/2022 paling mahal di Eropa bahkan dunia.

Hanya saja ada sejumlah detil lain yang belum dijabarkan. Pertama, bagaimana cara Juventus membayar ke Fiorentina. Il Bianconeri tidak membayar 70 juta euro secara kontan ke La Viola. 

Pembayaran dilakukan secara bertahap alias dengan mencicil selama tiga tahun ke depan. Itu artinya setiap tahun sampai 2025 Juventus harus mengirimkan uang sebanyak 23 juta Euro pada Fiorentina.

Kedua, Juventus juga harus memberikan uang tambahan senilai 10 juta Euro (160 miliar Rupiah) kepada Fiorentina bila performa Vlahovic memenuhi sejumlah syarat. Klausul ini biasanya berhubungan dengan jumlah gol ataupun trofi.

Ketiga, agen Vlahovic yakni Darko Ristic juga mendapat komisi karena sukses merealisasikan transaksi ini. Sumber dari media Italia menyebutkan pemimpin agensi International Sports Office itu menerima setidaknya 10 juta Euro.

Yang terakhir ada sedikit kucuran dana yang dialirkan ke Partizan Belgrade senilai 1,6 juta euro. Itu karena sang klub raksasa Serbia sudah berjasa untuk menelurkan bakat Vlahovic. Bila dirupiahkan memang hanya senilai 25 miliar namun itu sudah terbilang banyak untuk tim seperti mereka.