Bola Internasional

Final Piala Afrika: Bagian Pertama Trilogi Duel Sadio Mane vs Mohamed Salah

Minggu, 6 Februari 2022 14:51 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/REUTERS/Thaier Al-Sudani
Final Piala Afrika antara Senegal vs Mesir akan jadi bagian pertama dari trilogi duel Sadio Mane vs Mohamed Salah di level timnas pada tahun ini. FOTO: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/REUTERS/Thaier Al-Sudani Copyright: © REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/REUTERS/Thaier Al-Sudani
Final Piala Afrika antara Senegal vs Mesir akan jadi bagian pertama dari trilogi duel Sadio Mane vs Mohamed Salah di level timnas pada tahun ini. FOTO: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/REUTERS/Thaier Al-Sudani

INDOSPORT.COM – Final Piala Afrika antara Senegal vs Mesir akan jadi bagian pertama dari trilogi duel Sadio Mane vs Mohamed Salah di level timnas pada tahun ini.

Piala Afrika 2021 kini memasuki fase akhir. Laga puncak alias partai final akan digelar Senin (07/02/22) pukul 02.00 WIB, antara Senegal vs Mesir.

Sukses menjuarai Grup B, Senegal ke partai puncak usai berturut-turut mengalahkan Tanjung Verde, Guinea Khatulistiwa, dan Burkina Faso di babak 16 besar hingga semifinal.

Sementara itu, Mesir yang hanya menjadi runner up Grup D di bawah Nigeria tak terbendung di fase gugur dengan menyingkirkan tim-tim raksasa yakni Pantai Gading, Maroko, hingga tuan rumah Kamerun.

Seiring pertemuan Senegal dan Mesir di partai final, sorotan pun tertuju kepada dua bintang dari masing-masing tim yakni Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Seperti diketahui, keduanya merupakan rekan setim di Liverpool, dan merupakan bagian utama lini serang The Reds beberapa musim terakhir.

Mane lebih dulu hijrah ke Anfield pada musim 2016/2017, disusul Salah satu musim kemudian. Bersama-sama, keduanya sudah menghadirkan masing-masing 1 gelar Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub untuk Liverpool.

Namun, persahabatan mereka kini harus ditepikan untuk sementara, seiring kewajiban tampil sekuat tenaga membela negara masing-masing di final Piala Afrika.

Sebagai informasi, Senegal kini memburu trofi pertama mereka di Piala Afrika setelah menjadi runner up pada 2002 dan 2019.

Di sisi lain, Mesir memburu gelar kedelapan mereka di ajang itu, demi mengokohkan posisi sebagai peraih trofi Piala Afrika terbanyak, mengungguli Kamerun (5 kali juara).