In-depth

3 Hal Menarik dari Muhammad Iqbal, Senjata Baru Timnas U-23 di Piala AFF

Senin, 7 Februari 2022 18:09 WIB
Editor: Juni Adi
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Muhammad Iqbal (tengah) dikawal ketat saat Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19. Foto: Abdurrahman Ranala/Indosport.com Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Muhammad Iqbal (tengah) dikawal ketat saat Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19. Foto: Abdurrahman Ranala/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Sempat mengalami redup karier, kini Muhammad Iqbal menatap lembaran baru setelah dipanggil lagi oleh pelatih Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23 2022.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong telah memanggil sejumlah nama untuk dibawa ke Kamboja mengikuti turnamen sepak bola kelompok umur antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF U-23 2022.

Piala AFF U-23 2022 akan mulai digelar pada Senin (14/02/22) hingga Sabtu (26/02/22) mendatang. Total ada ada 11 negara yang berpartisipasi dengan pembagian tiga grup di babak penyisihan yakni Grup A, Grup B dan Grup C. 

Di Grup A, ada tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina dan Brunei Darussalam. Sementara Grup B ada Timnas Indonesia U-23, Malaysia, Myanmar, dan Laos. Grup C, ada Thailand, Vietnam dan Singapura.

Timnas Indonesia U-23 sendiri akan tampil habis-habisan karena datang sebagai juara bertahan. Pada Piala AFF U-23 2019 lalu, Skuad Garuda berhasil menjadi juara, setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di final.

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, pelatih Shin Tae-yong langsung melakukan persiapan lebih awal. Pemusatan latihan (TC) pun sudah digelar di Bali, pasca menjalani uji coba melawan Timor Leste beberapa waktu lalu.

Secara materi pemain, muka-muka alumni Piala AFF 2020 lalu masih menghiasi Timnas Indonesia U-23. Seperti Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan hingga Alfeandra Dewangga.

Namun tidak sedikit juga pemain muda yang diberi kesempatan untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 edisi kali ini. 

Beberapa nama bahkan menjadi debutan salah satunya adalah Muhammad Iqbal. Pemain berusia 21 tahun itu adalah salah satu jebolan Timnas U-19 era Indra Sjafri.

Bersama Egy Maulana Vikri dan juga Witan Sulaeman, Iqbal menjadi bagian dari skuad timnas Indonesia U19 yang menempati peringkat ketiga pada Piala AFF U-19 2017 lalu.

Namanya sempat melejit namun tidak lama kemudian kariernya harus meredup karena cedera. Kini, pemain berposisi sebagai gelandnag sayap kanan itu menatap lembaran baru dalam karier sepak bolanya.

Hingga akhirnya kembali memperkuat Skuad Garuda setelah mendapat panggilan oleh Shin Tae-yong. Berikut tiga hal menarik tentang Muhammad Iqbal.