Bola Internasional

Termasuk Inter Milan, 8 Klub Eropa Ini Pernah dan Masih Dimiliki Orang Indonesia

Selasa, 1 Maret 2022 17:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Termasuk Inter Milan, 8 Klub Eropa Ini Pernah dan Masih Dimiliki Orang Indonesia Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Termasuk Inter Milan, 8 Klub Eropa Ini Pernah dan Masih Dimiliki Orang Indonesia

INDOSPORT.COM – Melihat lagi delapan klub dari Liga Eropa yang sahamnya pernah dan masih dimiliki oleh orang Indonesia. Salah satunya adalah juara Liga Italia, Inter Milan!

Dalam beberapa tahun terakhir, memang cukup banyak pengusaha asal Indonesia yang berhasil mengakuisisi bahkan menjadi pemegang saham mayoritas klub sepak bola luar negeri.

Yang paling terkenal tentu saja saat Menteri BUMN, Erick Thohir, sukses menjadi pemilik saham mayoritas juara Liga Italia musim lalu, Inter Milan, pada tahun 2013 lalu melalui perusahaanya, International Sport Capital.

Selain Erick Thohir dengan Inter Milan yang menggemparkan tahun 2013 silam, masih ada pengusaha Indonesia lain yang juga sempat dan masih memiliki saham di klub sepak bola kawasan Eropa.

Lantas siapa dan klub mana sajakah yang dimiliki oleh pengusaha Indonesia tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Como FC
Nama pertama adalah Como FC. Klub dari Liga Italia ini belakangan sempat jadi bahan perbincangan hangat terutama untuk para pecinta sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, peserta Serie B ini dikabarkan telah diakuisisi oleh Grup Djarum, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Michael Bambang Hartono, pengusaha kelahiran Kudus, Jawa Tengah.

Melansir dari laman Calcio E Finanza, disebutkan bahwa pemilik Grup Djarum telah mengambil alih saham Como 1907 dari pemilik sebelumnya melalui anak perusahaan mereka, SENT Entertainment, yang berbasis di Inggris pada awal April 2019.

Selain kabar kepemilikan oleh orang Indonesia, ada satu hal lain yang membuat Como FC kian jadi topik hangat dalam beberapa pekan terakhir.

Yakni keberadaan Kurniawan Dwi Yulianto, pelatih lokal Tanah Air yang bakal jadi staf kepelatihan Como FC di ajang Serie B Liga Italia.

Verbroedering Dender
Berikutnya ada Verbroedering Dender. Bagian sebagian orang, nama Verbroedering Dender mungkin tidak terlalu familiar malah bisa jadi batu mengetahui kalau itu adalah nama sebuah klub.

Hal tersebut tidak terlalu mengherankan, lantaran Verbroedering Dender memang masih tampil di ajang Belgian National Division 1 atau kasta ketiga Liga Belgia.

Jika melihat dari laman resmi federasi sepak bola Belgia, diketahui bahwa Belgian National Division 1 ini merupakan kompetisi untuk klub semi dan non professional yang ada di Belgia.

Dari fakta tersebut, tidak heran jika banyak orang masih belum mengenal Verbroedering Dender. Namun pada 2018 lalu, Verbroedering Dender mendadak jadi viral di Indonesia.

Lantaran salah satu pengusaha dan politikus asal Indonesia, Sihar Sitorus, dikabarkan memiliki saham di klub Eropa tersebut.

Bahkan dalam salah satu kesempatan, Sihar Sitorus menyebut bakal membawa sejumlah pemain muda Indonesia untuk menimba ilmu di klubnya tersebut.