Bola Internasional

Yuriy Vernydub, Pelatih FC Sheriff dari Tenggelamkan Real Madrid hingga Coba Tumbangkan Rusia

Rabu, 2 Maret 2022 13:11 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo FC Sheriff. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo FC Sheriff.

INDOSPORT.COM - Pelatih FC Sheriff, Yuriy Vernydub meninggalkan jabatannya untuk bergabung dengan militer Ukraina yang berusaha mempertahankan negaranya dari serangan Rusia.

Keamanan dunia internasional khususnya di kawasan Eropa Timur tengah bergejolak panas, menyusul adanya peperangan antara Rusia dengan Ukraina yang sudah berlangsung sejak satu pekan terakhir.

Perang tersebut terjadi setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin mengizinkan pasukan militernya yang berada di perbatasan Ukraina untuk masuk melakukan invasi ke negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Invasi ini dilakukan setelah tentara Rusia selama beberapa bulan terakhir dikerahkan ke perbatasan Ukraina. Sebelumnya Rusia membantah pengerahakan tentaranya itu untuk bersiap melakukan invasi.

Bahkan pemerintah Rusia sempat mempublikasi video yang memperlihatkan beberapa kendaraan lapis baja ditarik dari perbatasan Ukraina-Rusia.

Akan tetapi setelah beberapa hari berlalu sejak video itu diunggah ke media sosial, secara mengejutkan Presiden Rusia, Vladimir Putin mengizinkan tentaranya bergerak dari perbatasan memasuki wilayah Ukraina.

Aksi invasi tersebut dilakukan lewat udara, laut, dan darat hingga menimbulkan sejumlah korban terluka maupun tewas.

Berdasarkan laporan CNN International, Menteri Kesehatan Ukraina Viktor Lyashko mengatakan, terdapat 57 orang tewas dan 169 orang terluka dalam serangkaian invasi kemarin.

Para korban tersebut termasuk yang mengalami luka akibat tempur dan non-pertempuran dari serangan oleh pasukan Rusia,

Lyashko mengatakan, rumah sakit dan pekerja medis juga mendapat ancaman dari Rusia. Di Avdiivka dan Vuhledar di Donetsk, sejumlah pekerja medis pun dilaporkan tewas.

Tak hanya korban tewas dan luka, tercatat ada 100.000 orang lebih yang telah bergerak meninggalkan Ukraina usai sejumlah wilayah dibombardir oleh pasukan utusan Vladimir Putin tersebut. 

Melihat Ukraina yang sedang porak poranda akibat invasi Rusia, membuat warganya berbondong-bondong untuk melawan dengan cara bergabung dengan pasukan militer.

Termasuk para atlet ternama Ukraina yang pulang kampung bergabung dengan militer demi bisa mempertahankan Tanah Air-nya dari jajahan modern Rusia.

Terbaru, ada mantan pelatih FC Sheriff Tiraspol,  Yuriy Vernydub yang ikut terjun ke medan perang melawan pasukan Rusia bersama militer Ukraina dilansir dari Marca.