In-depth

Drama Naturalisasi Emil Audero, Lama-lama Seperti Sinetron "Dunia Terbalik"

Senin, 7 Maret 2022 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suheli/INDOSPORT.com
Kurnia Sandy dan Emil Audero. Copyright: © Grafis: Eli Suheli/INDOSPORT.com
Kurnia Sandy dan Emil Audero.

INDOSPORT.COM – Drama naturalisasi kiper Emil Audero Mulyadi, untuk kebutuhan timnas Indonesia ibarat sinetron “Dunia Terbalik”. Fenomena ini membuat Kurnia Sandy yang notabene seniornya di klub Serie A Liga Italia, Sampdoria, buka suara.

Diketahui, belum lama ini PSSI mengutus agen untuk bertemu dengan kiper klub Serie A Liga Italia, Sampdoria, yakni Emil Audero Mulyadi, pada Kamis (3/3/22) pagi WIB.

Namun, sang kiper berhalangan hadir kemudian diwakili manajernya, yang lantas mengungkapkan bahwa kliennya bersedia memperkuat  timnas Indonesia.

Akan tetapi, kiper Sampdoria itu meminta waktu selama sepekan untuk membuat keputusan apakah mau dinaturalisasi menjadi WNI atau tidak.

Emil Audero memiliki peluang besar untuk dinaturalisasi karena memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Edy Mulyadi, yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Bila mantan kiper binaan Juventus tersebut sepakat memperkuat timnas Indonesia, maka barisan pertahanan Skuat Garuda bakal semakin bertambah kuat.

Pasalnya, PSSI sedang memproses naturalisasi tiga pemain belakang yakni Shayne Pattynama, Sandy Walsh dan Jordi Amat yang kabarnya bakal segera selesai.

Proses naturalisasai Emil Audero Mulyadi yang memakan waktu cukup lama ini dibaratkan sebuah sinetron “Dunia Terbalik”. Hal ini merujuk pada hubungan Indonesia dengan Sampdoria di masa lampau.

Ya. Sebelum Emil Mulyadi, Indonesia ternyata juga pernah memiliki kiper yang juga pernah membela Sampdoria. Sosok pemain yang dimaksud tersebut adalah Kurnia Sandy.

Tentu saja, situasi Emil Mulyadi dan Kurnia Sandy di Sampdoria sangatlah bertolak belakang. Mengapa demikian? Berikut kisahnya.