Liga Indonesia

Lagu 'Atur' Sindir Mafia Wasit Era 1990-an, Kok Bisa Sampai Sekarang Masih Relevan?

Rabu, 9 Maret 2022 08:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Ilustrasi kasus pengaturan skor sepak bola. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi kasus pengaturan skor sepak bola.

INDOSPORT.COM - Pembawa acara senior sekaligus pelawak, Denny Chandra, buka suara soal lagu sindiran kepada wasit Indonesia berjudul ‘Atur’ yang diciptakan oleh grupnya di masa lalu, P-Project.

Sebelumnya, pada era 1990-an, tepatnya 1998, grup komedi bernama P-Project pernah merilis sebuah album berjudul Jilid 4,

Album tersebut lahir bertepatan dengan momen Piala Dunia 1998 serta Reformasi. Lagu-lagu dalam album Jilid 4 pun khusu membahas seputar peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut.

Dari delapan lagu yang ada, terdapat sebuah lagu yang menceritakan kondisi sepak bola Indonesia, terutama soal wasit dan mafia sepak bola.

Lagu itu sendiri berjudul ‘Atur’ yang diciptakan P-Project dengan menyadur nada dari lagu milik The Cardigan yang berjudul 'Love Fool'.

Lagu ‘Atur’ sendiri membahas mengenai nakalnya wasit di kancah persepak bolaan Indonesia yang disebut-sebut acapkali terlibat pengaturan skor.

Tak disangka, lirik lagu yang rilis pada tahun 1998 itu nyatanya masih terjadi di Indonesia. Teranyar, tindak-tanduk wasit yang berat sebelah sesuai lirik lagu ‘Atur’ itu diduga terjadi di kancah Liga 3.

Permainan wasit diduga terjadi saat Persikota Tangerang berhadapan dengan Farmel FC dan Persipa Pati berhadapan dengan Putra Jombang di babak 16 besar Liga 3.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom)

Lantas, bagaimana komentar Denny Chandra yang merupakan salah satu pentolan P-Project yang menciptakan lagu ‘Atur’ itu saat lirik lagunya ternyata masih relevan hingga saat ini?