Liga Inggris

Sebab Abramovich Menjadi Kaya dan Beli Chelsea, Pencucian Uang Hasil Korupsi?

Selasa, 15 Maret 2022 15:37 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
© thesun/AFP
Roman Abramovich. Copyright: © thesun/AFP
Roman Abramovich.

INDOSPORT.COM – Selepas masalah pembekuan aset, termasuk di antaranya Chelsea oleh pemerintah Inggris, tabir mengenai Roman Abramovich mulai terbuka.

Selepas kemunculan sanksi untuk taipan Rusia, Roman Abramovich, ada sumber-sumber informasi lain yang kemudian terbuka usai diadakan sebuah investigasi.

Abramovich kini menjadi sosok yang disinyalir akan mendapatkan sanksi individual dari pemerintah Inggris dan sudah masuk dalam daftar pada Kamis (10/03/22) silam.

Sanksi individual ini salah satunya adalah menyetop aliran dana dari pria 55 tahun ini untuk Chelsea, yang sudah dimiliki sejak 2003 silam.

Abramovich sendiri diberi sanksi menyusul kedekatannya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang menginvasi Ukraina pada Februari silam.

Kabarnya, sanksi tersebut dilakukan kepada mereka yang terkait dengan agresi Rusia dan diberikan visa emas oleh pemerintah.

Roman Abramovich bersama banyak taipan Rusia yang memiliki aset di Inggris harus gigit jari usai pembekuan yang dilakukan oleh pemerintah Inggris.

Bahkan, beberapa rumah dan villa milik Abramovich terpaksa tak lagi bisa dipakai atau dijual dan nilainya mencapai ratusan juta pounds.

Muncul anggapan bahwa banyaknya aset Abramovich di Inggris merupakan hasil pencucian uang dari Presiden Vladimir Putin.

Dilansir dari BBC, ada beberapa sumber yang menyebut bahwa kekayaan Roman Abramovich muncul empat tahun lalu dari sebuah program yang bernama Panorama Program yang di dalamnya ada hubungan dengan beberapa kasus di Rusia.