Bola Internasional

Shin Tae-yong Bongkar Alasan Ngotot Bawa Timnas U-19 TC di Korea Selatan

Minggu, 20 Maret 2022 14:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 akhirnya menggelar latihan perdana di Korea Selatan, tepatnya di Yeongdeok, Sabtu (19/3/22). Mereka baru bisa latihan normal selepas menjalani karantina selama seminggu.

Pada latihan kemarin, pelatih Shin Tae-yong hanya memberikan materi ringan. Hal itu tidak lepas dari pertimbangan kebugaran karena tim melakukan perjalanan empat jam dari Seoul ke Yeongdeok.

"Jadi kemarin ada sistem (kebijakan) di mana kami harus karantina selama tujuh hari, setelah itu kami baru latihan di lapangan. Untuk latihan hari ini (kemarin) hanya pemanasan ringan saja," ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan memilih menggelar pemusatan latihan (TC) di kampung halamannya karena ada alasan kuat. Shin Tae-yong ingin pemain timnas Indonesia U-19 berkembang secara fisik dan mental.

"Kenapa memilih TC di Korsel? Alasan pertama saya ingin membentuk mental para pemain tim U-19 seperti pemain Korea Selatan. Saya tahu tentang keseluruhan mental bermain Korea Selatan seperti apa," tutur Shin Tae-yong.

"Kedua, di sini cuaca sangat dingin, saya berharap para pemain dapat terbentuk fisik yang kuat. Bisa melawan (menaklukan segala macam) cuaca," tambah Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.