In-depth

4 Perseteruan Pemain vs Pelatih Musim Ini, Aubameyang Paling Ekstrem

Selasa, 22 Maret 2022 21:20 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Javier Barbancho
Pierre-Emerick Aubameyang di laga Liga Spanyol Real Madrid vs Barcelona (Foto: REUTERS/Javier Barbancho) Copyright: © REUTERS/Javier Barbancho
Pierre-Emerick Aubameyang di laga Liga Spanyol Real Madrid vs Barcelona (Foto: REUTERS/Javier Barbancho)

INDOSPORT.COM - Hingga saat ini perselisihan antara pemain dan pelatih masih kerap terjadi. Musim ini, ada sejumlah pemain yang mendapat hukuman keras dari sang pelatih.

Pelatih dan pemain adalah pilar penting dalam sebuah tim sepak bola. Meski dituntut untuk bekerja sama dengan baik demi meraih hasil bagus, perselisihan tetap saja ada.

Akan tetapi karena pelatih mempunyai kekuasaan penuh dalam menentukan pemain yang dimainkan, membuat banyak pemain harus menerima konsekuensinya ketika berselisih.

Biasanya konsekuensi hukuman yang diterima oleh pemain, beragam.

Paling ringan dicadangkan dalam beberapa waktu, hingga yang berat sang pemain statusnya dibekukan dan dijual saat bursa transfer dibuka.

Hal tersebut dilakukan agar tidak mengganggu keharmonisan dalam tim. 

Salah satu perserteruan antara pemain dan pelatih yang paling diingat adalah Raymond Domenech kontra Nicolas Anelka di timnas Prancis, pada ajang Piala Dunia 2010. 

Saat itu, Anelka yang tak suka dengan cara melatih Domenech melontarkan kata-kata kasar.

Akibatnya, Domenech pun mencoret nama Nicolas Anelka dari skuat Les Blues. 

Sejumlah pemain Prancis membela mantan bomber Chelsea tersebut dan menolak untuk berlatih di bawah asuhan Raymond Domenech.

Namun pada akhirnya, kasus ini pun dapat terselesaikan. Nicolas Anelka yang enggan meminta maaf mendapat hukuman dari Federasi Sepak Bola Prancis (FFF).

Yakni larangan tampil bersama skuat Ayam Jantan dalam 18 laga. Sementara itu, Domenech tetap melatih timnas Prancis saat itu.

Hingga saat ini perselisihan antara pemain dan pelatih masih kerap terjadi. Musim ini, ada sejumlah pemain yang mendapat hukuman keras dari sang pelatih. Siapa saja? Berikut ini daftarnya.