Liga Inggris

Mike Dean Pensiun, Liga Inggris Kehilangan Sosok Wasit Sembrono

Kamis, 24 Maret 2022 05:17 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Michael Regan/Getty Images
Premier League bakal kehilangan salah satu wasit ‘sembrono’ dalam diri Mike Dean yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2021/2022 ini. (Foto: Michael Regan/Getty Images) Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Premier League bakal kehilangan salah satu wasit ‘sembrono’ dalam diri Mike Dean yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2021/2022 ini. (Foto: Michael Regan/Getty Images)

INDOSPORT.COM - Premier League bakal kehilangan salah satu wasit ‘sembrono’ dalam diri Mike Dean yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2021/2022 ini.

Sebab, setelah 22 tahun bekerja sebagai wasit Liga Inggris termasuk torehan dua kali menjadi wasit utama final Piala FA, Mike Dean telah membuat keputusan 'bulat' menepi di akhir musim nanti.

Dilaporka dari Sky Sports, pengadil berkepala plontos ini benar-benar telah membuat keputusan final. Jika benar demikian, Liga Inggris tentu akan kehilangan salah satu wasit ikoniknya.

Mike Dean terkenal sebagai sosok 'sembrono' di Premier League. Wasit berusia 53 tahun itu dikenal sebagai sosok yang lincah dan punya ketegasan di lapangan. Dia juga terlibat dalam beberapa momen yang kontroversial.

Mike Dean mendapatkan lisensi wasit FIFA sejak 2003 lalu. Reputasinya bukan hanya besar di Inggris, tetapi juga pada level Eropa. Mike Dean pernah memimpin laga-laga Liga Champions dan Euro.

Mike Dean pensiun menjadi wasit memimpin pertandingan internasional sejak 2013. Ketika itu, dia berusia 45 tahun. Kini, Mike Dean siap pensiun sepenuhnya dari lapangan sepak bola.

Usia Mike Dean memang sudah tak lagi muda, kini dia telah menginjak 53 tahun. Dia sudah lebih dari 2 dekade menjadi pengadil di kompetisi Liga Inggris.

Dilansir dari sumber yang sama, Mike Dean secara keseluruhan telah memimpin sebanyak 553 pertandingan, memberikan sekitar 114 kartu merah sepanjang kariernya.

Ketegasan pria berumur 53 tahun ini tergambar dari banyaknya Mike Dean mengeluarkan kartu dari kantong bajunya, selain 114 kartu merah, dia telah mengeluarkan 2.026 kartu kuning.

Catatan itu membuat dirinya menjadi satu-satunya wasit yang paling banyak mengeluarkan kartu kuning selama menjadi wasit di Liga Inggris, kemudian dia juga menjadi wasit paling banyak memeberikan penalti sebanyak 184 kali hingga saat ini, jumlah itu juga menjadi rekor terbanyak di Liga Inggris.