Bola Internasional

Rusia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028 dan 2032, Bercanda?

Kamis, 24 Maret 2022 07:15 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Copyright: © Getty Images
Presiden Rusia, Vladimir Putin.

INDOSPORT.COM - Rusia telah mengajukan tawaran mengejutkan untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028 dan 2032. Keputusan itu bagaikan guyonan yang sukar dipercaya.

Rusia kini sedang menghadapi kecaman dari berbagai pihak setelah menabuh genderang perang atas Ukraina. FIFA mencoret negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin itu keikutsertaannya di Playoff Piala Dunia 2022.

Ditambah UEFA yang menghentikan kerja sama dengan beberapa perusahaan Rusia. Meski demikian, Rusia tetap mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028 dan 2032.

Anggota Komite Eksekutif RFU, Sergey Anokhin, mengatakan mereka telah memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah beberapa turnamen.

"Komite eksekutif memutuskan bahwa kami akan mengajukan permohonan untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028 dan Euro 2032," ujar Sergey Anokhin dilansir dari The Sun.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Inggris dan Republik Irlandia telah mengajukan "pernyataan minat" bersama dalam hajatan Piala Eropa 2028.

FA Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara dan Republik Irlandia juga telah mempertimbangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Mereka bahkan rela merogoh kocek dalam yakni sebesar 2,8 juta pound (Rp53,17 miliar) untuk melakukan studi kelayakan.

Meski demikian, bulan lalu mereka memutuskan untuk mengalihkan fokus mereka untuk mencoba mengamankan Euro sebagai gantinya.