Bola Internasional

Italia Harusnya Belajar dari Timnas Indonesia untuk Bisa Kalahkan Makedonia Utara

Jumat, 25 Maret 2022 16:15 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS-Guglielmo Mangiapane
Pasukan Roberto Mancini tampaknya harus belajar banyak dari Timnas Indonesia untuk bisa mengalahkan Tim Macan Merah. Copyright: © REUTERS-Guglielmo Mangiapane
Pasukan Roberto Mancini tampaknya harus belajar banyak dari Timnas Indonesia untuk bisa mengalahkan Tim Macan Merah.

INDOSPORT.COM - Asa Gli Azzurri untuk lolos ke Piala Dunia 2022 pupus setelah mereka secara mengejutkan tersingkir oleh Makedonia Utara dengan skor tipis 0-1 pada Jumat (25/03/22) dini hari WIB. Pasukan Roberto Mancini tampaknya harus belajar banyak dari Timnas Indonesia untuk bisa mengalahkan Tim Macan Merah.

Pada pengujung perpanjangan waktu babak kedua, riuh rendah fans Timnas Italia yang memadati Stadion Renzo Barbera, Palermo, mendadak senyap. Adalah gol jarak jauh dari Aleksandar Trajkovski yang berhasil membungkam publik tuan rumah.

Gol tunggal Trajkovski itu berhasil mengantarkan Makedonia Utara lolos ke babak final play-off kualifikasi Piala Dunia dan akan bertemu Portugal di partai selanjutnya.

Sesaat setelah terjadinya gol, para pemain dan staf pelatih Timnas Makedonia Utara sontak belarian dari bangku cadangan. Mereka lalu masuk ke tengah lapangan untuk ikut meluapkan kegembiraan, yang mungkin tak dapat dijelaskan dengan kata-kata.

Di sisi lain, para pemain Italia tampak tertunduk lesu seolah tak percaya, karena sepanjang pertandingan Gli Azzurri bisa dibilang mendominasi penuh jalannya permainan.

Pada babak pertama, Italia tampil sangat menekan mulai dari menit-menit awal. Gawang Makedonia Utara yang dijaga Stole Dimitrievski tak henti-hentinya dijuhani oleh sejumlah tembakan dari anak asuh Roberto Mancini. Sang Juara Euro 2020 total mencatatkan 16 tembakan sepanjang 45 menit babak pertama.

Babak kedua pun hampir sama, Italia terus menebar ancaman ke gawang Dimitrievski. Meski mereka tampil dominan, tapi Gli Azzuri tetap kesulitan untuk menembus pertahanan Makedonia. Beberapa kali tembakan Italia mampu dihalau oleh para pemain belakang lawan.

Italia memiliki peluang melalui Domenico Berardi, Ciro Immobile dan Marco Verratti, tapi tak satu pun tembakan dari ketiganya yang berhasil melewati pertahanan Makedonia Utara yang tangguh.

Di menit 92 giliran Makedonia Utara yang berbalik menyerang. Hasilnya, tembakan jarak jauh yang dilepaskan Aleksandar Trajkovski, tak mampu dibendung oleh kiper andalan Italia, Gianluigi Donnarumma.

Dengan hasil ini, Makedonia Utara berhasil lolos ke babak selanjutnya dan akan bersiap untuk pertandingan melawan Portugal minggu depan. Keduanya akan memperebutkan satu tiket ke fase grup Piala Dunia 2020 di Qatar, akhir tahun ini.