Bola Internasional

Lionel Messi Pencetak Assist Terbanyak dalam Sejarah, Bagaimana dengan Ronaldo?

Kamis, 31 Maret 2022 03:16 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© psg
Lionel Messi merupakan pencetak assist terbanyak dalam sejarah sepakbola, sementara Cristiano Ronaldo berada di posisi keempat. Copyright: © psg
Lionel Messi merupakan pencetak assist terbanyak dalam sejarah sepakbola, sementara Cristiano Ronaldo berada di posisi keempat.

INDOSPORT.COM - Memberikan assist sama pentingnya dengan mencetak gol. Kevin De Bruyne dan Mesut Ozil merupakan sosok pemain yang akrab dengan assist.

Namun, dua nama tenar tersebut tidak masuk kedalam daftar pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah. Dilansir dari sportsadda, Lionel Messi lah yang menjadi raja assist dunia.

La Pulga telah mencatatkan 363 assist selama karirnya. Hal itu tidaklah mengherankan, karena ia juga mampu menciptakan 11 assist di PSG musim ini.

Meskipun ia mendapat banyak kritikan musim, Lionel Messi tetap memiliki kontribusi besar dalam urusan, membantu rekan tim.

Bintang asal Argentina juga merupakan penyedia assist terbanyak di sepanjang sejarah Liga Spanyol.  La Pulga membubuhkan 193 assist ketika di Barcelona.

Sosok Cristiano Ronaldo yang sering dibandingkan dengan La Pulga menempati posisi ke-4 dengan torehan 273 assist selama karirnya.

Jika Berbicara tentang Lionel Messi, memang akan selalu timbul perbandingan dengan Cristiano Ronaldo, hal itu tidak lepas dari rivalitas mereka saat berseragam Barcelona dan Real Madrid.

Kedua pemain tersebut, juga merupakan peraih Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah. Lionel Messi mempunyai 7 gelar, sementara Cristiano Ronaldo mendapat 5 gelar.

Persaingan kedua mega bintang memang selalu menarik untuk disimak, terutama saat El Clasico. Mereka juga selalu bersaing untuk jadi top skor di Liga Champions.

Namun, kedua mega bintang saat ini sudah merantau meninggalkan Liga Spanyol. Cristiano Ronaldo kembali ke Man United, sedangkan Lionel Messi pergi ke Paris Saint-Germain.