In-depth

Rapor 5 Negara Eropa di Bawah Ranking FIFA Timnas Indonesia: Ada yang Tak Pernah Menang!

Sabtu, 2 April 2022 17:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Statistik lima negara Eropa yang peringkat FIFA nya di bawah Timnas Indonesia, di mana ada salah satu tim yang bahkan belum pernah menang sejak tahun lalu. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Statistik lima negara Eropa yang peringkat FIFA nya di bawah Timnas Indonesia, di mana ada salah satu tim yang bahkan belum pernah menang sejak tahun lalu.

INDOSPORT.COM – Melihat statistik pertandingan lima negara Eropa yang peringkat FIFA nya di bawah Timnas Indonesia, di mana ada salah satu tim yang bahkan belum pernah menang sejak tahun lalu.

Dalam update terbaru ranking dunia FIFA yang dirilis Kamis (31/03/22) kemarin, Timnas Indonesia alami peningkatan meski belum melakoni satupun laga uji coba resmi sepanjang bulan Maret.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia tak menjalani FIFA Matchday karena pelatih Shin Tae Yong sedang fokus menangani Timnas U-19 yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Saat ini Tim Garuda Muda sedang melakukan pemusatan latihan secara intens di Korea Selatan.

Usut punya usut, kenaikan peringkat FIFA Timnas Indonesia disebabkan oleh merosotnya ranking Kaledonia Utara, salah satu negara yang berasal dari zona Oseania.

Di sepanjang gelaran FIFA Matchday pada bulan Maret 2022, Kaledonia Utara telah kalah tiga kali berturut-turut.

Tercatat, mereka kalah dari Fiji 1-2, dikandaskan Papua Nugini 0-1 dan dipecundangi Selandia Baru dengan skor telak 1-7.

Menurut perhitungan laman Football-Ranking.com, posisi Timnas Indonesia naik satu tingkat dari posisi 160 ke 159.

Semenatara pada ranking FIFA Februari 2022, Kaledonia Utara menempati posisi 153. Akan tetapi, tiga kekalahan yang diderita di laga uji coba resmi FIFA bulan ini, membuat posisi merosot drastis peringkat ke posisi 160.

Timnas Indonesia sendiri saat ini berhasil unggul di atas negara-negara Eropa seperti, Malta, Moldova, Liechtenstein, Gibraltar, dan San Marino.

Meski para tim Eropa diatas belum semuanya pernah berhadapan dengan Timnas Indonesia, namun melihat posisi skuat Garuda yang kini berhasil kangkangi kelima negara tersebut, menarik disimak perjalanan para wakil UEFA sepanjang tahun 2022 yang membuat mereka berada di rangking rendah FIFA.