Liga Indonesia

1 Grup dengan Vietnam di SEA Games 2021, Begini Respons Shin Tae-yong

Kamis, 7 April 2022 13:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Undian fase grup cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 di Vietnam sudah beres. Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A.

Timnas Indonesia akan bersaing dengan tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Hal ini cukup menarik karena skuat Garuda Muda dan Vietnam adalah final SEA Games edisi sebelumnya. 

Hasil undian itu pun sudah diketahui pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Dia mengatakan persaingan akan sengit karena Vietnam adalah salah satu kandidat juara. 

"Terkait pengundian SEA Games, memang ada Vietnam di sana dan mereka mungkin calon juara juga," kata Shin Tae-yong, Kamis (7/4/22).

Meski demikian, pelatih berpaspor Korea Selatan itu menegaskan siap membawa Indonesia juara, sebagaimana target dari PSSI dan Menpora. 

Shin Tae-yong berencana memboyong timnas Indonesia U-23 lebih cepat ke Vietnam agar proses adaptasi bisa jauh lebih maksimal. 

"Tetapi, kami akan berusaha maksimal untuk mencapai final. Memang jadwal pertandingan pertama di tanggal 6 Mei 2022," cetusnya. 

"Tapi, saya akan bicarakan dengan federasi agar kami bisa lebih cepat sampai di Vietnam tepat pada waktunya," jelas Shin Tae-yong. 

Untuk persiapan SEA Games 2021, Shin Tae-yong diketahui memanggil 29 pemain untuk ikut pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Mereka akan menjalani beberapa uji coba di sana. 

Ada empat pemain senior yang ikut dipilih Shin Tae-yong, yakni Marc Klok, Fachrudin Aryanto, Irfan Jaya, dan Ricky Kambuaya, tapi hanya tiga yang akan dipilih sesuai regulasi SEA Games.