Bola Internasional

FIFA Tak Berhenti Bikin Ulah, Kini Usulkan Format Baru Piala Dunia

Jumat, 8 April 2022 18:43 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Isman Fadil
© Sekretariat Presiden
Pertemuan Presiden FIFA, Gianni Infantino bertemu Presiden Jokowi di Bangkok. Copyright: © Sekretariat Presiden
Pertemuan Presiden FIFA, Gianni Infantino bertemu Presiden Jokowi di Bangkok.

INDOSPORT.COM - FIFA yang merupakan induk organisasi sepak bola dunia tak henti-hentinya membuat sensasi. Terobosannya sering menimbulkan perdebatan di kalangan pecinta si kulit bundar.

Setelah ide Piala Dunia dua tahun sekali kandas, kini mereka mengusulkan gagasan yang tak kalah sensasional. FIFA mengusulkan agar Piala Dunia digelar tiga tahun sekali.

The Sun telah melaporkan bahwa, Gianni Infantino ingin menggelar Piala Dunia menjadi tiga tahun sekali sebagai bagian dari roda kompetisi baru.

Ia juga mengusulkan penambahan peserta Piala Dunia Antar Klub, menjadi 24 tim pada musim panas pertama. Gelaran EURO dan Coppa America akan digelar pada musim panas kedua.

Sedangkan Piala Dunia akan digelar pada musim panas ketiga, tepatnya pada tahun 2026. FIFA juga mengusulkan penambahan Jumlah slot Piala Dunia menjadi 48 negara.

Usul tersebut juga disentil oleh Sang Presiden pada saat kongres di Doha, Qatar pekan lalu. Gianni Infantino menyebutkan bahwa penting untuk melakukan sesuatu.

Saat ini FIFA sedang mendapatkan kritik yang tajam, dari beberapa pengamat maupun penikmat sepak bola dunia. Menyusul tuduhan standar ganda yang mereka terapkan.

Seperti yang diketahui FIFA menjatuhkan sanksi kepada Rusia sebagai akibat dari invasi ke Ukraina. Sedangkan mereka pernah menyatakan bahwa tidak ada politik dalam sepak bola.

Publik juga mengungkit beberapa ketidakadilan FIFA yang sama sekali tidak menghukum Israel atas agresinya ke Palestina selama ini.

Momen ketika FIFA menghukum supporter Celtic karena mengibarkan bendera Palestina juga menjadi bahan gunjingan fans sepak bola dunia