In-depth

3 Kandidat Kuat Pelatih Persija Jakarta di Liga 1 Musim Depan, Ada dari Korea Selatan

Sabtu, 9 April 2022 17:11 WIB
Editor: Juni Adi
© Khairul Imam/Persija
Para pemain Persija merayakan bersama teman satu timnya usai mencetak gol ke gawang Persikabo. Foto: Khairul Imam/Persija Copyright: © Khairul Imam/Persija
Para pemain Persija merayakan bersama teman satu timnya usai mencetak gol ke gawang Persikabo. Foto: Khairul Imam/Persija

INDOSPORT.COM -  Persija Jakarta tengah mencari sosok pelatih baru untuk Liga 1 musim depan. Sejumlah nama dirumurkan menjadi kandidat kuatnyanya.

Putaran kedua Liga 1 musim 2021-2022 lalu, Persija Jakarta baru mengarungi kompetisi tanpa sosok pelatih kepala utama setelah mereka memecat Angelo Alessio.

Pria asal Italia itu diputus kontraknya setelah hasil yang tidak kunjung meningkat sejak awal putaran pertama Liga 1 2021-2022.

Melalui pernyataan resmi klub, Persija memastikan tim Macan Kemayoran itu sudah tidak menggunakan jasa Alessio.

"Manajemen Persija Jakarta dan Angelo Alessio sepakat untuk mengakhiri kerja sama menjelang pekan ke-21," demikian pernyataan resmi Persija dikutip dari laman klub.

"Performa tim yang tak kunjung meningkat meski sudah kedatangan pemain baru berkualitas menjadi alasannya," tuturnya.

Setelah mengoleksi 25 poin di putaran pertama Liga 1 musim kemarin, dari enam kemenangan, tujuh hasil seri, dan empat kekalahan, Persija hanya menambah empat poin dari tiga laga awal putaran kedua.

Hasil itu didapat dari kemenangan 2-1 atas PSIS, Persija kemudian kalah 1-2 dari Persipura Jayapura dan ditahan imbang Persela Lamongan 1-1.

"Keputusan ini diambil murni karena alasan profesional. Persija memerlukan perubahan, dan ini adalah salah satu bagian yang harus dilewati untuk mengubah Persija ke arah yang lebih baik," ujar Presiden Klub Persija, Mohamad Prapanca.

Setelah resmi mendepak mantan asisten pelatih Antonio Conte di Chelsea itu, Persija kemudian menunjuk pelatih interim dalam diri Sudirman.

"Jadi tidak ada alasan bagi kami untuk melakukan perubahan sampai akhir musim.

"Namun, kalau ditanya apakah 'coach' Dirman masih menangani tim pada musim depan atau tidak," kata Bambang Pamungkas selaku manajer tim kala itu (21/01/22).

Teka-teki masa Sudirman pun terjawab, setelah kompetisi Liga 1 musim kemarin berakhir. Pelatih sementara itu resmi tak diperpanjang untuk menjadi pelatih tetap musim depan.

Finis di peringkat ke-8 dengan koleksi 45 poin serta mengalami kekalahan di laga terakhir 0-2 atas PSS Sleman, menjadi nilai buruk dari kiprah Sudirman di klub Ibu Kota.

Persija juga mencoret Bambang Pamungkas dari posisi manajer tim. Hal itu diumumkan Persija lewat akun media sosial Instagram klub, @persija.

“Kontrak kerja profesional ke-12 official tersebut memang telah berakhir sejak tanggal 31 Maret 2022. 

"Oleh karena itu, terlepas dari segala dinamika yang terjadi, saya selaku presiden klub ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,

"Untuk dedikasi dan loyalitas mereka semua kepada tim Persija. Sukses untuk mereka semua di mana pun berada musim depan,” kata Pak Prapanca.

Kini Persija Jakarta tengah dalam penjajakan untuk mencari pelatih baru sebelum kompetisi Liga 1 musim depan dimulai. Kabarnya ada dua sosok yang menjadi kandidat kuat siapa mereka?