Liga Indonesia

Rasis dan Seksisme di Stadion JIS, Panitia IYC 2021 Akan Usir Penonton

Minggu, 17 April 2022 10:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Official Photo IYC 2022
Protes dua pemain Barcelona U-18 kepada asisten wasit atas keputusan penalti yang diberikan kepada Atletico Madrid U-18 pada laga kedua turnamen International Youth Championship (IYC) 2022 di Stadion JIS, Jumat (15/04/22). Foto: Official Photo IYC 2022 Copyright: © Official Photo IYC 2022
Protes dua pemain Barcelona U-18 kepada asisten wasit atas keputusan penalti yang diberikan kepada Atletico Madrid U-18 pada laga kedua turnamen International Youth Championship (IYC) 2022 di Stadion JIS, Jumat (15/04/22). Foto: Official Photo IYC 2022

INDOSPORT.COM - Langkah tegas akhirnya diambil oleh panitia pelaksana hajatan International Youth Championship (IYC) 2021 terkait isu tidak sedap. 

Mereka berjanji akan mengusir penonton yang ketahuan melakukan tindakan rasisme dan seksisme dalam pelaksanaan International Youth Championship (IYC) 2021.

International Youth Championship sudah berlangsung sejak 13 April lalu. Empat tim, Indonesia All Star U-20, Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, serta Bali United U-18 bertarung di Jakarta International Stadium.

Sayang, ada hal yang tidak terpuji dilakukan oleh oknum suporter dalam pelaksanaannya, terutama berkaitan dengan aksi rasisme dan seksisme.

Hal ini pun sangat disayangkan pihak panitia IYC. Padahal sejatinya panitia terus mengimbau melalui pengeras suara Stadion JIS supaya tidak terjadi.

"Terkait dengan kejadian rasisme dan seksisme yang terjadi di IYC 2021, Organizing Commitee International Youth Championship sangat menyesalkan kejadian tersebut," begitu bunyi pernyataan resmi dari panitia, Sabtu (16/4/22). 

"Melalui announcer/MC pertandingan, Organizing Commitee telah mengimbau para penonton untuk tidak melakukan perbuatan yang mengarah ke rasisme dan seksisme yang dapat mengganggu jalannya pertandingan," tambahnya.

Tak mau kejadian serupa terulang, pihak panitia pun akan mengambil langkah tegas. Mereka akan mengusir penonton yang melakukan tindakan rasisme dam seksisme.