Liga Indonesia

Sikap Rasisme dan Seksisme Cemari IYC 2021, Pihak Penyelenggara Ambil Sikap Tegas

Senin, 18 April 2022 17:01 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
© Official Photo IYC 2022
International Youth Championship (IYC) 2021 sempat diwarnai oleh sikap rasisme dan seksisme. Copyright: © Official Photo IYC 2022
International Youth Championship (IYC) 2021 sempat diwarnai oleh sikap rasisme dan seksisme.

INDOSPORT.COM - International Youth Championship (IYC) 2021 sempat diwarnai oleh sikap rasisme dan seksisme. Pihak penyelenggara berjanji akan segera mengambil sikap tegas.

Pihak penyelenggara dari Pancoran Soccer Field (PSF) I Gede Widiade menyebut bahwa sikap tegas itu berupa teguran, pengusiran atau penghentian pertandingan jika diperlukan.

“Sampai saat ini, sudah ada penonton yang ditegur. Kami terus menginformasikan soal rasisme dan seksisme ini baik melalui pengumuman di stadion dan iklan elektronik di lapangan,” ujar Gede dilansir dari Antara.

I Gede Widiade pun menyesalkan terjadinya praktik seksisme dan rasialisme oleh para penonton di Stadion Internasional Jakarta (JIS) saat IYC 2021 berlangsung. 

Sebagai informasi, para penonton IYC 2021 merupakan para undangan. Dalam ajang tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengundang sekitar 2.500 penonton untuk hadir JIS pada setiap laga IYC 2021.

Menurut Gede, karena berstatus undangan, banyak dari penonton tersebut yang sebelumnya tidak pernah menyaksikan pertandingan sepak bola. 

Hal itu membuat mereka belum terbiasa dengan etika menyaksikan laga, apalagi di turnamen internasional seperti IYC.

“Banyak warga yang tak pernah menonton sepak bola diikutkan oleh pemerintah daerah untuk menikmati pertunjukan turnamen internasional,” tutur pria yang pernah menjadi CEO Persebaya dan Direktur Utama Persija tersebut.

"Jadi kami terus memberikan peringatan dan antisipasi baik melalui pengumuman di stadion maupun meminta bantuan dari para pemandu masyarakat untuk menginformasikan tindakan apa yang tak boleh dilakukan saat melihat pertandingan sepak bola."