In-depth

Ada Elkan Baggott dan Indonesia, 3 Pemain Asing Ipswich Town dari Negara Peringkat 100 FIFA

Selasa, 19 April 2022 21:31 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Doc. PSSI
Termasuk Elkan Baggott dari Indonesia, berikuat tiga pemain asing klub Liga Inggris, Ipswich Town musim ini yang berasal dari negara berperingkat 100 FIFA. Copyright: © Doc. PSSI
Termasuk Elkan Baggott dari Indonesia, berikuat tiga pemain asing klub Liga Inggris, Ipswich Town musim ini yang berasal dari negara berperingkat 100 FIFA.

INDOSPORT.COM – Termasuk Elkan Baggott dari Indonesia, berikuat tiga pemain asing klub Liga Inggris, Ipswich Town musim ini yang berasal dari negara berperingkat 100 FIFA.

Nama penggawa Timnas Indonesia, Elkan Baggott, memang jadi pusat perhatian terutama dari para penggemar sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, pemain berusia 19 tahun tersebut sukses mendapat debut senior pertamanya bersama Ipswich Town di kompetisi EFL League One atau kasta ketiga Liga Inggris.

Elkan Baggott tampil sebagai starter saat Ipswich Town menghadapi Rotherham di pekan ke-43, hari Sabtu (16/04/22) silam

Dalam laga debut di EFL League One tersebut, Elkan Baggott sukses tampil gemilang dengan catatkan dua shoot block serta tingkat akurasi umpan yang mencapai 71%.

Namun sayang, Elkan Baggott gagal membantu timnya amankan poin setelah kalah tipis dari Rotherham dengan skor 1-0.

Walau gagal raih kemenangan, namun Elkan Baggott tetap sukses torehkan prestasi yakni sebagai pemain asal Indonesia pertama yang bisa mentas di kompetisi profesional Liga Inggris.

Sepanjang sejarahnya, Indonesia memang belum pernah mengirimkan satupun pemainnya untuk mentas di Liga Inggris.

Faktor peringkat FIFA yang terlalu rendah, jadi alasan mengapa tidak ada pemain Indonesia yang bisa menembus kompetisi Negeri Ratu Elizabeth.

Elkan Baggott sendiri bisa mentas bersama Ipswich Town lewat status homegrown, yakni pemain yang didaftarkan klub selama tiga musim beruntun atau 36 bulan sebelum (sang pemain) ulang tahun ke-21.

Menariknya, tidak hanya Elkan Baggott melainkan ada tiga pemain lain yang berasal negara berperingkat 100 FIFA namun masih bisa tampil buat Ipswich Town musim ini.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas: