In-depth

Bedah Skenario Liga Inggris Pecah Rekor Kirim 9 Tim ke Kompetisi Eropa Musim Depan

Jumat, 22 April 2022 15:04 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© REUTERS/Phil Noble
Liga Inggris berpeluang mengirim sembilan tim ke kompetisi Eropa yakni Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League musim depan.  Foto: REUTERS/Phil Noble Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Liga Inggris berpeluang mengirim sembilan tim ke kompetisi Eropa yakni Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League musim depan. Foto: REUTERS/Phil Noble

INDOSPORT.COM – Liga Inggris berpeluang mengirim sembilan tim ke kompetisi Eropa yakni Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League musim depan. Seperti apa skenarionya?

Kompetisi Liga Inggris 2021/2022 mulai memasuki momen-momen akhir. Akhir pekan ini, liga domestik paling populer itu bakal memasuki pekan ke-34 dari 38 pekan yang dijadwalkan.

Dengan hanya lima pekan tersisa, keseruan dan persaingan ketat masih akan terus terjadi baik di papan atas maupun papan bawah.

Di papan atas misalnya, dua tim yakni Manchester City dan Liverpool terus beradu ketat merebut gelar juara dengan City hanya unggul satu poin dari The Reds.

Selain itu, ada pula persaingan antara empat tim yakni Tottenham Hotspur, Arsenal, Manchester United, dan West Ham untuk finis di posisi empat sekaligus merebut tiket ke Liga Champions.

Di papan bawah, hingga saat ini ada lima tim yang masih berpeluang mengisi tiga jatah degradasi, yakni Leeds United, Everton, Burnley, Watford, dan Norwich.

Dengan situasi ini, Liga Inggris 2021/2022 pun berpeluang terus menyajikan momen seru dan dramatis hingga pekan terakhir.

Di sisi lain, selain gelar juara dan degradasi, akhir musim juga menjadi momen ditentukannya wakil Inggris di kompetisi Eropa.

Seperti diketahui, selain Liga Champions dan Liga Europa, sejak musim ini ada kompetisi antarklub yang baru, yakni Conference League.

Sesuai aturan, Inggris memiliki tujuh spot yakni 4 Liga Champions, 2 Liga Europa, dan 1 Conference League. Namun, ada satu skenario yang memungkinkan Liga Inggris mengirimkan sembilan wakil ke Eropa musim depan.