Liga Indonesia

Arthur Irawan Kasih Bocoran bagi Pemain Indonesia yang Mau Tembus Liga Spanyol

Minggu, 24 April 2022 10:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© @irawan_arthur
Arthur Irawan dan Eric Bailly di Espanyol B Copyright: © @irawan_arthur
Arthur Irawan dan Eric Bailly di Espanyol B

INDOSPORT.COM - Pesepak bola andalan Persik Kediri di Liga 1 2021-2022, Arthur Irawan, memberikan bocoran bagi pemain Indonesia yang mau ke Liga Spanyol.

Sebagaimana diketahui, tren sepak bola Indonesia mulai berkembang ketika ada sejumlah pemain yang merantau ke luar negeri, khususnya ke negara Eropa.

Ada Bagus Kahfi yang kini di FC Utrecht, Belanda, David Maulana yang bermain di Kroasia, serta Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang masih ada di Liga Slovenia.

Ada pula pemain Indonesia yang merantau ke liga top Asia, yaitu Asnawi Mangkualam di Korea, juga Pratama Arhan di Jepang.

Sayangnya, belum ada pemain Indonesia yang bisa menembus Liga Spanyol, padahal negara ini cukup terbuka dengan pemain asing, baik di level junior maupun senior.

Arthur Irawan, salah satu pemain lokal yang pernah merumput di Espanyol dan Malaga, juga menimba ilmu di akademi Manchester United, akhirnya buka suara.

Saat hadir sebagai bintang tamu di Youtube Jebret Media TV, Arthur Irawan memberikan sejumlah tips untuk pemain Indonesia yang ingin menembus Liga Spanyol.

"Bedanya Inggris dan Spanyol di cuaca. Jadi cuaca di Spanyol lebih mendukung daripada di Inggris, untuk pemain Asia."

"Di Inggris kalau sudah winter (musim dingin), kadang lapangannya aja nggak mendukung. Apalagi di level youth, kalau level profesional saya yakin nggak begitu." 

"Kalau di Spanyol, apalagi di Barcelona, ada masa dinginnya, tapi ada juga summernya," ungkap Arthur Irawan kepada host.