Liga Italia

Ada yang Kena Skors, 4 ‘Penyakit’ Jose Mourinho Selama Tukangi AS Roma

Minggu, 1 Mei 2022 09:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Alberto Lingria
Belum genap semusim menukangi AS Roma, Jose Mourinho sudah memiliki sederet ‘penyakit’ alias aksi kontroversial di Liga Italia. Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Belum genap semusim menukangi AS Roma, Jose Mourinho sudah memiliki sederet ‘penyakit’ alias aksi kontroversial di Liga Italia.

INDOSPORT.COM – Belum genap semusim menukangi AS Roma, Jose Mourinho, sudah memiliki sederet ‘penyakit’ alias aksi kontroversial di Liga Italia. Salah satunya berujung hukuman skorsing.

Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih sepak bola terhebat di Eropa. Bahkan, saking hebatnya, dia pernah mengklaim dirinya sendiri dengan julukan ‘The Special One’.

Julukan ini dia sematkan ketika dia tiba di Chelsea untuk periode pertamanya di Stamford Bridge pada 2004 silam.

Sebelum berpindah menangani Chelsea, Mourinho baru saja memimpin tim underdog FC Porto untuk meraih gelar Liga Champions pada musim 2003/04.

Ia mengatakan kepada wartawan dalam konferensi pers perdananya bahwa dia menganggap dirinya sebagai "The Special One" - yang lantas melekat padanya sejak itu sampai sekarang.

Setelah hampir tiga musim bekerja di Stamford Bridge, pelatih berkebangsaan Portugal itu berpindah ke sejumlah klub papan atas, yakni Inter Milan (2008-2010), Real Madrid (2010-2013), lalu kembali ke Chesea (2013-2015).

Kembali meninggalkan Chelsea, Mourinho menerima pinangan Manchester United. Hanya bertahan tiga musim, Mourinho kemudian beralih ke Tottenham Hotspur.

Akan ttetapi, selama dua tahun kurang menukangi The Spurs, performa tim inkonsisten dan klub London Utara banyak menelan kekalahan. Alhasil pada April 2021 Mourinho dipecat dan ini jadi kali pertama ia pergi tanpa memenangi trofi sejak 2002.

Dua bulan menganggur, Mourinho menerima tantangan baru untuk kembali menginjakkan kakinya ke kompetisi Liga Italia bersama AS Roma pada musim panas 2021.

AS Roma bukan tim dengan 'hobi' memenangi trofi setiap tahunnya dan Mourinho ingin mengubah kultur tersebut. Pada musim debutnya (2021-2022) Roma bersaing di empat besar Serie A dan juga di ajang Conference League.

Jose Mourinho mulai membuktikan sentuhan tangannya. Squawka menyebut AS Roma kini sebagai tim Liga Italia yang sedang dalam performa terbaik saat ini.

Sejauh ini, I Giallorossi sudah melewati 12 pertandingan tak terkalahkan yang berlangsung sejak awal Januari 2022. Klub ibu kota Italia itu bahkan belum mengendorkan gas karena hanya terpaut lima poin di zona Liga Champions.

Meski demikian, masa baktinya yang belum genap semusim di Stadio Olimpico justru banyak diwarnai dengan insiden-insiden kontroversial yang melibatkan dirinya. Apa sajakah aksi-aksi kontroversial yang pernah dilakukan Mourinho di Roma?