Liga Indonesia

Pratama Arhan Batal ke SEA Games 2021, Begini Respons Iwan Bule

Minggu, 1 Mei 2022 15:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, tidak dibawa ke SEA Games 2021. Dia tidak bisa bergabung karena sedang fokus dengan klub barunya, Tokyo Verdy di Liga Jepang. 

Arhan baru didatangkan Tokyo Verdy pada Maret lalu, sehingga masih tahap adaptasi. Hal itu tidak memungkinkan pemain 20 tahun itu untuk ikut SEA Games tahun ini Vietnam.

Situasi itu pun dimaklumi ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Federasi telah berkomunikasi dengan Arhan dan sudah keputusan tepat bagi kedua belah pihak.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Pratama Arhan dan memang dirinya harus fokus ke klub Tokyo Verdy karena dia baru saja bergabung dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi," kata Iriawan.

Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI tak menampik jika tenaga Arhan dibutuhkan Timnas U-23 di SEA Games 2021. Apalagi, targetnya adalah juara atau medali emas.

Tapi, PSSI tidak mau egois, apalagi menyoal masa depan eks bek PSIS Semarang itu.

"Arhan sebenarnya dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong demi target mendapatkan emas di SEA Games 2021," tutur Iwan Bule.

"Tapi PSSI tetap mendukung kariernya di klub Tokyo Verdy, semoga event timnas selanjutnya Arhan bisa bergabung," tambahnya.

Meski Pratama Arhan batal ikut SEA Games 2021, Timnas U-23 bisa bernafas lega. Pasalnya pemain lain dari luar negeri seperti Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Elkan Baggott dan Witan Sulaeman dipastikan dapat bergabung.

Pada SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A. Skuad Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.