Bola Internasional

Sir Alex Ferguson yang Pertama! Daftar 6 Pelatih yang Pernah Treble Winner

Minggu, 1 Mei 2022 16:04 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Daily Mail
Sir Alex Ferguson menjadi salah satu pelatih yang pernah meraih rekor treble winner saat bersama Manchester United. Copyright: © Daily Mail
Sir Alex Ferguson menjadi salah satu pelatih yang pernah meraih rekor treble winner saat bersama Manchester United.

INDOSPORT.COM - Dalam catatan sejarah, hanya ada segelintir pelatih klub sepak bola di Eropa yang mampu mencetak rekor meraih tiga gelar juara dalam satu musim (treble winner).

Tidak bisa dipungkiri, sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling digandrungi di muka bumi di antara olahraga lain seperti basket, renang, tenis, dan lain-lain.

Berbagai kompetisi, klub, dan bintang-bintang lapangan hijau yang gemilang saat pertandingan menjadikan dunia si kulit bundar selalu menarik minat banyak orang.

Eropa sendiri menjadi salah satu kawasan yang perkembangan sepak bolanya sangat pesat. Bersaing dengan Amerika Latin, negara-negara Eropa juga rutin 'menelurkan' banyak talenta-talenta yang gemilang.

Selain pemain, kompetisi sepak bola Eropa juga turut menghadirkan banyak nama-nama pelatih hebat, yang namanya sudah jelas dikenal berbagai kalangan pencinta si kulit bundar.

Seperti namanya, pelatih sendiri memiliki tugas untuk melatih para pemainnya agar bisa tampil sempurna di lapangan dan mempersembahkan kemenangan.

Dalam prakteknya, banyak pelatih yang kerap gagal membawa timnya meraih gelar juara dan pada akhirnya dipecat atau mengundurkan diri.

Namun, tetap ada juga yang mampu mendulang banyak trofi juara, bahka di antaranya ada yang pernah merasakan tiga gelar juara secara bersamaan dalam satu musim, yang biasa disebut treble winner.

Tiga gelar juara itu sendiri bukan kompetisi sepak bola sembarangan, melainkan kompetisi tertinggi di negara klub tersebut dan kompetisi antar klub Eropa.

Tiga kompetisi tersebut adalah liga domestik (kasta tertinggi), piala domestik, dan juga Liga Champions. Padatnya jadwal ketiga kompetisi itu pun membuat klub, pelatih, dan pemain harus memutar otak untuk bisa konsisten meraih kemenangan.

Sepanjang perjalanan, tercatat hanya ada enam pelatih saja yang mampu membawa timnya merasakan nikmatnya treble winner. Siapa saja mereka? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT sajikan pembahasannya: