Liga Inggris

Rahasia Taktik Mengerikan ala Pep Guardiola, Ada Lawan?

Kamis, 5 Mei 2022 06:05 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Prio Hari Kristanto
© Reuters/Jason Cairnduff
Pep Guardiola saat memimpin Manchester City di ajang Piala FA melawan Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff) Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Pep Guardiola saat memimpin Manchester City di ajang Piala FA melawan Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Siapa yang tidak mengenal nama Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol tersebut merupakan salah satu pelatih tersukses sepanjang masa.

Berbagai gelar telah ia raih bersama beberapa klub besar. Mulai dari Barcelona, Bayern Munchen hingga Manchester City saat ini.

Pria berkepala plontos tersebut memiliki rasio kemangan yang sangat tinggi. Termasuk di Liga Inggris yang notabene dipenuhi oleh segudang pelatih top dunia.

Di balik itu kesuksesannya dalam menangani sebuah tim ada pula taktik yang mengiringi. Ada beberapa faktor penunjang gaya bermain yang ia usung.

Pep sendiri merupakan pelatih yang menganut sistem tiki-taka yang selalu ia sesuaikan dengan liga yang ia ikuti. Termasuk di Liga Inggris, beberapa pemain pun ia depak jika dirasa tak memiliki kapasitas mumpuni.

Pep sering menggunakan formasi 4-3-3 bersama Manchester City. Uniknya dalam strategi Pep tak bergantung dengan striker namun dengan kerja sama tim.

Pelatih asal Spanyol tersebut memaksimalkan ruang kosong dalam bermain dibarengi dengan rotasi yang super cair dari para pemainnya.

Selain itu Pep juga menggunakan sistem pressing ketika kehilangan bola sehingga musuh akan cepat kehilangan bola dan ruang kosong.

Strategi Pep juga sering kali dibangun dari belakang, sehingga ia memang membutuhkan seorang defender yang kuat menahan bola sekaligus memiliki umpan yang akurat.

Di balik itu semua sistem permainan ala Pep ini juga pernah mengalami kekalahan. Terutama saat menghadapi pasukan Jurgen Klopp.