In-depth

Apa Kabar Yandi Sofyan? Pernah Main di Belgia dan Australia, Kini Hilang Entah Kemana

Sabtu, 7 Mei 2022 16:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Yandi Sofyan saat sesi latihan Bali United Copyright: © INDOSPORT
Yandi Sofyan saat sesi latihan Bali United

INDOSPORT.COM - Apa kabar Yandi Sofyan Munawar? Eks penyerang Timnas Indonesia yang pernah bermain di klub Belgia hingga Australia, namun kini hilang entah kemana.

Yandi Sofyan memiliki darah sepak bola sejak lahir. Kakaknya, Zaenal Arief adalah legenda Timnas Indonesia dan juga Persib Bandung, kebanggaan bagi orang Sunda.

Tak pelak, Yandi Sofyan juga ikut mengejar cita-cita menjadi pesepak bola profesional.

"Pas SMA saya pindah ke Bandung, waktu itu kebetulan ada program PSSI SAD ke Uruguay. Seleksinya beberapa saringan, ada beberapa tahapan," ungkap Yandi.

"Singkat cerita, waktu itu masuk seleksi dan saya bisa pergi ke Uruguay. Di Uruguay 3,5 tahun (2008-2011)," ungkap Yandi Sofyan saat jadi bintang tamu di Youtube Tiento ID.

Tak sampai di sana, Yandi Sofyan mampu membuktikan kualitasnya dan direkrut oleh tim asal Belgia, yaitu Vise, tahun 2011 silam.

"Klub profesional pertama saya bukan di Indonesia, tapi di Belgia Divisi II, di klub Vise itu 1,5 tahun. Sempat balik ke Indonesia, main di Arema," kenang Yandi Sofyan.

"Cuma enam bulan di Arema, terus saya dipinjamkan ke Brisbane Roar di Australia satu tahun, baru saya kembali ke Persib Bandung," ucap pemain 29 tahun itu.

"Waktu di Brisbane saya sempat dipanggil ke Timnas, di Persib dua tahun di Timnas."

Dengan rekor apik tersebut, siapa sangka jika kini striker kenamaan itu sudah tidak pernah bermain bola lagi dan memperkuat tim Liga 1. Lantas, apa kabar Yandi Sofyan?