Bola Internasional

Enggak Modal, Suporter Vietnam Pakai Tisu Toilet Sebagai Ganti Confetti di Stadion

Senin, 9 Mei 2022 18:50 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Prio Hari Kristanto
© VietnameseFootball
Laga kedua Grup A SEA Games 2021 antara tuan rumah, Vietnam U-23 vs Filipina U-23 pada Minggu (08/05/22) malam meninggalkan cerita menarik dari tribun suporter. Copyright: © VietnameseFootball
Laga kedua Grup A SEA Games 2021 antara tuan rumah, Vietnam U-23 vs Filipina U-23 pada Minggu (08/05/22) malam meninggalkan cerita menarik dari tribun suporter.

INDOSPORT.COM - Laga kedua Grup A SEA Games 2021 antara tuan rumah, Vietnam U-23 vs Filipina U-23 pada Minggu (08/05/22) malam meninggalkan cerita aneh dari tribun suporter.

Pada pertandingan yang berakhir imbang itu, sejumlah suporter Timnas Vietnam kedapatan melemparkan ratusan gulung tisu toilet yang ditembakkan bak confetti dari atas tribun penonton. Pertunjukan ini bukanlah hal bari di dunia suporter.

Di Indonesia hal seperti ini lazim disebut pertunjukan 'hujan roll paper', biasanya suporter akan membeli kertas yang biasa digunakan sebagai pengganti kertas kasir yang dapat dibeli secara bebas.

Pertunjukan ini tentu memiliki tujuan tersendiri, suporter melakukan ini kebanyakan untuk mengganggu konsentrasi lawan di beberapa momen tertentu. Misal, saat kick off pertandingan, ketika gol terjadi dll.

Selain dapat menekan lawan secara tidak langsung, pertunjukan 'hujan kertas' dapat menciptakan suasana stadion yang berbeda. Hal inilah yang sebenarnya ingin diciptakan suporter Vietnam malam itu.

Sebagai informasi, pada pertandingan malam itu, Stadion Viet Tri setidaknya terisi 17 ribu suporter yang hadir guna menyaksikan penampilan pasukan Park Hang-seo melawan The Azkals.

Namun ternyata kejadian tak terduga justru terlihat dari tribun-tribun suporter malam itu, pendukung Vietnam ternyata menggunakan kertas yang seharusnya tidak digunakan dalam pertunjukan hujan kertas.

Malam itu, kedapatan ratusan gulungan tisu toilet Stadion Viet Tri, Vietnam ternyata digondol dari kamar mandi dan digunakan oleh suporter tuan rumah untuk melakukan pertunjukan hujan kertas atau confetti.

Gaya dukungan ini tentu terinspirasi dari suporter-suporter khas Amerika Latin dan Italia yang terkenal dengan dukungan aktraktif, hal ini juga dilakukan suporter timnas Indonesia.

Sayangnya atraksi suporter Vietnam itu, mendapat kritik tajam dari panitia pertandingan SEA Games 2021. Kertas toilet yang menempel dan terkena air di lapangan sangat sulit untuk dihilangkan.