In-depth

5 Pemain Timnas U-23 yang Berpotensi Gemilang Lawan Timor Leste di SEA Games 2021

Selasa, 10 Mei 2022 09:08 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Muhammad Ridwan, striker Timnas U-23 dan Persik Kediri. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Muhammad Ridwan, striker Timnas U-23 dan Persik Kediri. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Lima pemain Timnas Indonesia U-23 ini berpotensi akan tampil menggila saat berhadapan dengan Timor Leste di SEA Games 2021.

Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga kedua babak penyisihan Grup A SEA Games 2021 melawan Timor Leste di Stadion San van Dong Viet Tri, Vietnam, pada Selasa (10/05/22) malam WIB.

Pertandingan itu akan jadi ajang balas dendam Timnas Indonesia U-23 demi bisa meraih poin perdana, dan menjaga asa untuk lolos ke babak semifinal.

Sebab di laga perdana melawan tuan rumah, Timnas Indonesia U-23 harus meraih hasil negatif dimana mereka kalah 3-0.

Setelah menahan imbang Vietnam 0-0 di babak pertama, Timnas Indonesia U-23 haru kebobolan 3 gol pada paruh berikutnya. 

Hasil buruk itu membuat Timnas Indonesia U-23 berada di posisi ke-3 atau dua dari bawah, dalam tabel klasemen sementara Grup A SEA Games 2021.

Posisi juru kunci sendiri saat ini ditempati oleh Timor Leste setelah tumbang empat gol tanpa balas dari Filipina dan kalah tipis 2-3 dari Myanmar beberapa waktu lalu.

Untuk bisa lolos ke babak berikutnya, Timnas Indonesia U-23 diharapkan bisa finis di peringkat ke-2 klasemen Grup A. Maka dari itu, Garuda Muda wajib menyapu bersih semua laga sisa melawan Timor Leste, Filipina dan Myanmar.

Tugas berat tentu diemban oleh pelatih Shin Tae-yong untuk menyuntikan semangat anak asuhnya, setelah menelan kekalahan di laga perdana.

“Mungkin memang sebagai tuan rumah mereka dapat keuntungan,” ujar Shin Tae-yong, dilansir laman resmi PSSI.

"Namun dengan kebobolan satu gol itu [gol pertama] suasana keseluruhan tim kami langsung berubah dan itu sangat disayangka," sambungnya.

Performa Indonesia relatif belum maksimal di laga tersebut. Ricky Kambuaya dan kawan-kawan hanya mendominasi di 10 menit pertama saja.

Secara keseluruhan performa Timnas Indonesia U-23 terlihat belum maksimal. Statistik pasca laga bicara dengan hanya bisa memgang 39 persen penguasaan bola, ketimbang para pemain Vietnam 69 persen sepanjang 90 menit.

Anak asuh Shin Tae-yong bahkan hanya bisa melepaskan satu tembakan tepat sasaran selama pertandingan, jauh lebih sedikit dibanding Vietnam yang membuat 10 tendangan percobaan mengarah ke gawang.

Kambuaya berharap bisa berjuang lebih keras dan tampil lebih baik di laga-laga selanjutnya. Kemenangan di 3 laga sisa bakal membuka kesempatan lebar bagi Garuda Muda lolos ke babak berikutnya.

Mengalahkan Timor Leste tentu bukan perkara mudah. Performa mereka relatif meningkat akhir-akhir ini.

Bahkan, pada kompetisi Piala AFF U23 2022 yang digelar di Kamboja, Februari lalu, Timor Leste berhasil melaju hingga babak semifinal.

Akan tetapi hal itu bukan jadi jaminan Timor Leste bisa menang, sebab jika melihat dari pertemuan kedua tim, Timnas Indonesia U-23 masih mendominasi dengan tiga kemenangan dari empat kali bertanding.

Ada pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 yang berpotensi tampil gemilang di laga melawan Timor Leste nanti. Siapa saja mereka?