In-depth

Kays Ruiz-Atil, Titisan Lionel Messi yang Dihempas Barcelona Sampai Dua Kali

Jumat, 13 Mei 2022 23:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/kays_atil
Kays Ruiz-Atil saat bersama Neymar di PSG. Foto: instagram/kays_atil. Copyright: © instagram/kays_atil
Kays Ruiz-Atil saat bersama Neymar di PSG. Foto: instagram/kays_atil.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Kays Ruiz-Atil, wonderkid titisan Lionel Messi yang dihempas Barcelona sampai dua kali.

Padahal, raksasa Liga Spanyol yang satu ini dikenal sebagai klub yang kerap sukses mengorbitkan para pemain mudanya.

Apalagi, mereka yang sudah mereka didik sejak usia muda macam Lionel Messi. Kays Ruiz-Atil pun tak jauh berbeda.

Ia pertama bergabung dengan Barcelona saat usia tujuh tahun setelah bermain untuk FC Gerland dan klub kampung halamannya, Lyon.

Selama perjalanan kariernya, Kays Ruiz-Atil ternyata tak luput dari julukan titisan Lionel Messi, yang sudah cukup sering dilabelkan kepada para pemain muda berbakat yang menimba ilmu di La Masia.

Tentu saja, tak semua wonderkid bisa menyandang predikat berat tersebut. Sebelumnya ada Bojan Krkic yang pada akhirnya tenggelam setelah tampil gemilang baik bersama Barcelona maupun tim B mereka.

Namun nasib tiap pemain tentu berbeda, begitu pula Kays Ruiz-Atil. Ia tentu berharap bisa mentas ke tim senior dan menjadi bintang besar seperti La Pulga di masa mendatang.

Akan tetapi, nasib berkata lain. Barcelona terpaksa melepas sejumlah talenta muda mereka termasuk Kays Ruiz-Atil pada 2015.

Gara-garanya, klub dinyatakan bersalah atas pelanggaran regulasi FIFA terkait transfer pemain di bawah usia 18 tahun.

Hal ini pun menjadi petaka bagi Barcelona lantaran harus kehilangan salah satu pemain berbakatnya, yang berpotensi besar menjadi the next Lionel Messi masa depan.