Liga Italia

Liga Italia: Belum Scudetto, Stefano Pioli Sudah Jadi Pelatih Terbaik ke-2 dalam Sejarah AC Milan

Sabtu, 14 Mei 2022 18:30 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Gabriele Maltinti/Getty Images
Tidak ada pelatih AC Milan setelah thaun 1960 yang punya rataan poin lebih tinggi dari Stefano Pioli selain Fabio Capello. Copyright: © Gabriele Maltinti/Getty Images
Tidak ada pelatih AC Milan setelah thaun 1960 yang punya rataan poin lebih tinggi dari Stefano Pioli selain Fabio Capello.

INDOSPORT.COM - Stefano Pioli memang belum pernah memenangkan satu pun gelar major sepanjang karier kepelatihannya namun pria 56 tahun itu sama sekali tidak boleh diremehkan.

Selain hanya sejengkal lagi akan meraih trofi Liga Italia pertamanya, allenatore plontos tersebut kini juga masuk jajaran elite manajer-manajer AC Milan.

Sejak Oktober 2019, Pioli sudah memimpin Il Rossoneri dalam 134 pertandingan resmi dengan rincian 77 kali menang, 25 kali kalah, dan 32 sisanya berujung imbang.

Artinya per laga Pioli bisa mengantongi rata-rata 1,96 poin. Kelihatannya tidak terlalu istimewa namun angka tersebut terbukti lebih baik dari sejumlah manajer top AC Milan di masa lampau.

Massimiliano Allegri yang membawa Merah-Hitam menjuarai Liga Italia terakhir mereka di 2010/2011 'cuma' bisa meraih 1,81 poin tiap 90 menit.

Carlo Ancelotti yang digadang-gadang adalah nakhoda terbalik AC Milan di dua dekade terakhir dengan prestasi dua Liga Champions dan Liga Italia juga masih kalah jika dibandingkan dengan Stefano Pioli.

Sepanjang masa baktinya di San Siro, Don Carletto memiliki rataan poin sebanyak 1,84 dan daftar pelatih top AC Milan yang harus sungkem pada Pioli masih belum habis.

Arrigo Sacchi (1,95) yang punya titel pelatih legendaris saja juga punya rataan poin yang lebih sedikit ketimbang Stefano Pioli meski ia punya delapan gelar dalam dua periode mengabdi untuk AC Milan.

Satu-satunya manajer AC Milan setelah era 1960 yang rasio poinnya lebih tinggi adalah Fabio Capello dengan 2,02.

Dalam lima tahun periode pertamanya di Kota Mode, Capello mengarungi 249 pertandingan dengan total 149 kemenangan, 75 seri, dan 31 kekalahan.