In-depth

4 Calon Pengganti Frenkie de Jong di Barcelona Jika Resmi ke Manchester United

Senin, 16 Mei 2022 12:05 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Vincent West
Aksi gelandang Barcelona, Frenkie de Jong di laga kontra Real Sociedad (21/04/22). (Foto: REUTERS/Vincent West) Copyright: © REUTERS/Vincent West
Aksi gelandang Barcelona, Frenkie de Jong di laga kontra Real Sociedad (21/04/22). (Foto: REUTERS/Vincent West)

INDOSPORT.COM - Frenkie de Jong disebut-sebut akan segera meninggalkan Barcelona, untuk reuni dengan Erik ten Hag di Manchester United.

Perburuan Manchester United dalam mencari pelatih baru telah berakhir. Pilihan jatuh kepada pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Manchester United melalui laman resmi media sosial Instagram klub, pada Kamis (21/04/22) lalu.

Klub berjulukan Setan Merah tersebut mengunggah sebuah poster dengan gambar Erik ten Hag dengan latar belakang Stadion Old Trafford.

“Erik ten Hag: manajer baru tim pertama Manchester United,” demikian bunyi pernyataan resmi Man United.

Manchester United resmi mengontrak Erik ten Hag dengan durasi selama tiga tahun alias sampai Juni 2025. Selain itu, klub juga memberikan opsi perpanjangan satu tahun.

Melansir dari laman klub, direktur sepak bola Man United John Murtough menjelaskan alasan klubnya memilih Erik ten Hag sebagai suksesor Ralf Rangnick yang hanya dikontrak selama enam bulan saja.

Menurut Murtough, Ten Hag sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling sukses di Eropa ketika menangangi klub asal Belanda, Ajax Amsterdam selama empat tahun terakhir.

Selain itu, Ten Hag juga diyakini bakal membimbing pasukan Setan Merah ke dalam permainan sepak bola yang menyerang, dan berkomitmen memerikan kesempatan para pemain muda.

“Selama empat tahun terakhir di Ajax, Erik telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling menarik dan sukses di Eropa,

"Terkenal dengan sepak bola menyerang yang atraktif, dan komitmen timnya terhadap pemain muda,” kata Murtough. 

Kehadiran Erik ten Hag, membuat sejumlah mantan pemainnya di Ajax Amsterdam ingin direkrut salah satunya adalah Frenkie de Jong dari Barcelona.

Sebab klub asal Catalan itu disebut akan melepasnya pada bursa transfer musim panas, untuk menyelamatkan finansial mereka.

Frenkie de Jong sejatinya adalah pemain yang sangat penting bagi Barcelona. Sejak bergabung pada awal musim 2019/2020.

Gelandang asal Belanda selalu jadi pilihan utama di lini tengah. Terlepas dari siapa pun pelatih yang bertugas, termasuk di bawah asuhan Xavi Hernandez ia tetap jadi andalan.

Ada banyak klub yang tertarik pada jasa eks pemain Ajax Amsterdam itu. Jurnalis Gerard Romero menyebut sang gelandang akan pindah ke Manchester United.

"Sebelum akhir liga dan dengan kemungkinan 95 persen, Frenkie De Jong akan ditransfer ke Manchester United. Ini adalah murni masalah ekonomi. Barca perlu menjual pemain," tulis Romero di akun Twitter miliknya.

Lantas, siapa pemain yang cocok menjadi pengganti peran vital Frenkie de Jong di Barcelona? berikut beberapa kandidatnya: