Liga Inggris

4 Pemain Bintang Top yang Pernah Dilepas Manchester City dengan Gratis

Senin, 16 Mei 2022 08:05 WIB
Editor: Juni Adi
© barcelona
Sergio Aguero resmi pensiun dari sepakbola. Copyright: © barcelona
Sergio Aguero resmi pensiun dari sepakbola.

INDOSPORT.COM - Manchester City pernah melepas sejumlah pemain bintang topnya secara gratis ke klub lain. Padahal mereka membelinya cukup mahal.

Manchester City membuat kejutan jelang bursa transfer musim panas tahun ini, dimana mereka sukses mendapatkan salah satu striker haus gol Eropa, Erling Haaland.

Sempat diperebutkan banyak klub top Eropa, Manchester City keluar sebagai pemenangnya.

The Citizens kabarnya sudah sepakat secara pribadi dengan Erling Haaland, dan bersedia menebusnya dengan mahar 75 juta euro atau Rp1,1 triliun.

Rumor itu sudah dikonfirmasi oleh pakar bursa transfer asal Italia, Fabrizio Romano dan juga salah satu media ternama Inggris, The Athletic.

Dalam klausul itu sendiri ada syarat bahwa nilai 75 juta euro untuk Erling Haaland harus dibayarkan sekaligus, alias tanpa mencicil sebagaimana yang lazim terjadi dalam transfer pesepakbola pada saat ini.

Beberapa hari setelah rumor itu berkembang, Manchester City lalu mengumumkan secara resmi bahwa mereka sepakat untuk mendatangkan Erling Haaland.

“Manchester City dapat memastikan jika kami telah mencapai kesepakatan dengan Borussia Dortmund terkait transfer Erling Haaland. Dia akan bergabung dengan klub pada 1 Juli 2022,” bunyi pengumuman resmi Man City.

Pemain asal Norwegia itu diketahui telah selesai menjalani tes medis di Manchester pada Senin 9 Mei 2022. Haaland pun dinyatakan lolos dari tes medis tersebut.

Guna memagari Erling Haaland, City kabarnya langsung memberi klausul rilis kepada sang pemain. Menurut laporan BILD, Haaland diberi klausul rilis sebesar 128 juta paun [150 juta Euro], atau sekitar Rp 2,2 triliun.

Klausul itu kabarnya akan aktif pada 2024. Artinya, peminat Haaland bisa coba menembusnya dua tahun lagi.

Hal itu dilakukan agar sang pemain tidak pergi dari Etihad Stadium secara gratis seperti para bintang yang sudah melakukannya berikut ini: